Penyebab Kerusakan TV TCL Tidak Bisa Menangkap Siaran


Advertisement
Mesin TV TCL

Kemarin saya baru saja menulis tentang reparasi TV TCL, ternyata hari ini mendapat satu lagi kerusakan televisi TCL 14 inch, tanda-tanda kerusakannya adalah televisi tidak bisa menangkap siaran atau gelombang channel dari pemancar. Jadi kadang-kadang siaran dapat diterima tapi lebih banyak noise dan kabur, padahal antena dan kabel antena yang digunakan tidak ada masalah.

Penyebab kerusakan seperti ini biasanya adalah pada bagian tuner yang bermasalah, langsung saja TV saya buka dan melihat bagian dalam. Karena untuk memastikan semua solderan bagus, saya solder ulang setiap jalur rangkaian yang mencurigakan.

Kemudian setelah beres, semua komponen di cek dan ternyata tidak ada yang rusak dari segi fisik. Setelah yakin, TV dihidupkan lagi, dan ternyata masih sama tidak ada siaran yang dapat ditangkap.

Karena curiga dengan bagian tuner, maka tuner saya lepas. Tapi ketika membuka jalur tuner, ternyata ada jalur rangkaian yang retak, segera saya solder. Jalur tersebut adalah bagian tuner yang menuju ke capasitor dan terus ke IC. Tepatnya pada pin AGC (Automatic Gain Control), dan setelah disolder dan dicoba, ternyata televis dapat berfungsi normal kembali. Semua channel dapat diterima dengan baik. Hmm . . satu kerusakan yang tidak bagitu parah tapi bisa dijadikan pelajaran.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment