Pengertian dan Fungsi Resistor Variabel/ Potensiometer


Advertisement


Pengertian Resistor adalah salah satu komponen elektronika yang paling banyak digunakan dalam rangkaian, fungsi resistor adalah sebagai tahanan atau penghambat tegangan, yang pada penerapannya dapat digunakan dalam berbagai keperluan.

Pengertian Potensiometer dan Fungsinya
Ada beberapa jenis resistor yang sering digunakan dalam perangkat elektronika, yang akan kita bahas kali ini adalah resistor veriabel atau potensio/ potensiometer. Lalu apakah pengertian potensiometer? Seperti namanya, potensio adalah sebuah resistor yang nilai hambatannya dapat diatur atau dapat dirubah. Simbol potensiometer atau simbol resistor variabel dapat dilihat pada gambar berikut:

simbol resistor variabel

Nilai hambatan dari potensiometer ada beragam ada 50K, 100K, dll, sebagai contohnya dapat kita lihat pada volume radio atau amplifier yang menggunakan tombol yang diputar. Nah, didalam tombol tersebut sebenarnya adalah berisi potensio yang nilai hambatannya dapat digeser, jadi dengan berubahnya nilai tahanan dari resistor maka volume akan semakin tinggi atau semakin rendah.

Potensiometer

Potensiometer merupakan salah satu jenis resistor variabel, ada tipe yang lainnya yaitu trimpot. Trimpot memiliki bentuk yang lebih kecil daripada potensio, memiliki 3 kaki dengan poros tengah yang dapat diputar.
Fungsi trimpot adalah sama dengan potensiometer yaitu untuk mengatur besar-kecilnya tahanan atau sebagai penghambat yang bisa diatur.

Nah, itulah sekilas tentang potensiometer dan apa itu resistor variabel. Di lain kesempatan kita akan membahas lebih banyak lagi hal-hal yang berkaitan dengan komponen elektronika.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment