Cara Burning CD, Bakar CD dengan Nero


Advertisement


Dengan semakin banyaknya keperluan yang melibatkan data dalam komputer atau suatu dokumen penting, maka perlu kita tahu cara burning CD atau cara bakar CD dengan aplikasi yang sudah banyak disediakan misalnya Nero atau aplikasi yang lain. Berikut ini saya tuliskan sedikit tutorial langkah-langkah meng-copy CD menggunakan Nero 9.

Untuk anda pengguna sistem operasi Windows 7, seharusnya sudah ada aplikasi Nero bawaan yang biasanya disertakan pada saat instal pertama laptop atau netbook anda. Namun jika memang belum memiliki aplikasinya, silahkan download Nero Burning ROM terlebih dahulu.


Cara Burning CD menggunakan Nero StartSmart 9, mari kita lihat langkahnya berdasarkan gambar-gambar dibawah ini:

Silahkan buka aplikasi Nero, pada menu yang ada, tentukan jenis CD apakah yang akan anda copy. Disini kita ambil contoh mengcopy VCD. Klik menu Burn Video Disc.


Pada menu selanjutnya, pilih Video CD.


Masukkan file yang akan dicopy dengan cara klik add, setelah proses selesai, kemudian pilih Next.


Di menu ini kita bisa berkreasi dengan mengubah cover, font, dan juga background. Jika sudah selesai, silahkan klik Next.


Nah, sampai disini persiapan burning VCD sudah selesai. Silahkan beri nama  CD yang akan anda copy, jika dibiarkan default maka akan otomatis diberi nama New. Setelah yakin semua settingan benar, maka proses copy CD bisa dimulai, silahkan klik tombol Burn dan tunggu hingga proses burning selesai.


Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Aneka Berita said...

Kayaknya Nero yang versi 6 juga bisa untuk membuwat CD Autorun ya mas?

Dwi said...

@ Aneka Berita: kalau versi 6 saya belum pernah mengunakan mas, tapi yang versi 9 bisa digunakan untuk membuat CD Autorun.

Quantum Artikel said...

sangat dasar tapi berguna. bagus-bagus.


salam. . . .

Anonymous said...

Hello. And Bye.

Post a Comment