Apakah Kesetrum Listrik PLN Berbahaya?


Advertisement


Sebuah pertanyaan konyol sepertinya kalau bilang apakah kesetrum listrik PLN itu berbahaya. Seperti yang sudah sering terjadi dimana kecelakaan yang melibatkan tegangan tinggi PLN sangatlah berbahaya bagi manusia dan bahkan ada yang sampai membawa maut.

Tegangan 220 volt AC atau tegangan bolak-balik dari listrik dalam rumah sangat berbahaya apabila tersentuh oleh manusia dengan anggota badan kita berhubung secara langsung dengan tanah (ground).

Namun sebatas kita tidak menyentuh grounding, sebenarnya tidak menjadi masalah walaupun kita memegang listrik 220 volt AC, namun bagi anda yang tidak terlatih sebaiknya jangan coba-coba untuk melakukannya apalagi menggigit kabel seperti adegan yang ada di film HULK.

Kesetrum Listrik PLN

Sering karena kesalahan dan lengahnya kita menjaga keselamatan, terjadi kecelakaan yang menyebabkan kebakaran atau timbulnya korban jiwa akibat dari hubungan singkat listrik.

Saya sendiri pernah sekali memanjat tiang listrik untuk memasang instalasi lampu penerangan jalan, sedangkan tidak satupun alat pengaman yang saya gunakan. Satu tangan memegang tiang listrik, satu tangan lagi mengorek kabel bertegangan tinggi.

Karena tubuh saya berhubung langsung dengan ground, begitu tersentuh kabel listrik yang terbuka maka saya pun kesetrum. Akibatnya tidak fatal, hanya tubuh saya hampir terpental jatuh ke bebatuan terjal dan seluruh aliran listrik di wilayah saya padam karena transformator utamanya mati secara otomatis. Semoga peristiwa seperti itu tidak terjadi pada anda dan kita semua, lebih baik berhat-hati dengan aliran listrik daripada nyawa kita terancam.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Sukadi said...

Saya takut dengan yang namanya setrum listrik Mas.
Saya masih ingat ketika teman saya meninggal pasca gempa di klaten&jogja karena tersengat aliran listrik.

Dwi said...

@ Sukadi: memang listrik dapat menghidupi tapi juga sangat fatal akibatnya jika sampai terjadi kecelakaan mas, saya juga sudah jera semenjak dulu memadamkan listrik satu kampung, hehe.

budi santoso said...

saya sebelumnya memang takut dengan listrik di rumah saya...tapi sekarang tidak lagi ini juga saya beritahukan kepada anda2 semua yang takut listrik bahwa sekarang ini ada alat anti setrum..jadi ketika ada seseorang tersengat listrik justru listrik akan mati secara otomatis.saya sudah pasang dan sudah membuktikanya sendiri

bima said...

Saya dulu pernah kesetrum, tp untungnya cm 110V. Knp ya skrg pk 220V, kan lebih berbahaya... :(

Anonymous said...

nama saya Hudi, yang saya mau tanyakan... bagaimana cara mengetahui kerusakan apa yang menyebabkan lampu PJU mati. dan langkah apa saja yang harus saya lakukan. karena saat ini saya harus memperbaiki lampu dengan konsep sama persis dengan lampu PJU. TQ

Post a Comment