Alat Alat untuk Service Laptop


Advertisement


Alat Alat untuk Service Laptop
Memperbaiki perangkat elektronika dan komputer merupakan pekerjaan yang rumit, maka dari itu perlu adanya dukungan alat alat untuk service laptop yang bagus dan berfungsi dengan baik.

Sebenarnya ada banyak sekali peralatan yang diperlukan untuk memperbaiki notebook atau komputer, namun disini kita hanya akan membahas tentang peralatan utama yang harus dimiliki oleh teknisi laptop jika sedang melakukan reparasi laptop.

Alat penting yang harus digunakan yaitu solder blower atau welding remover. Solder blower mutlak diperlukan untuk servis laptop atau service perangkat-perangkat elektronika lainnya dengan komponen kecil seperti handphone, PC, netbook, dll.

Solder blower yang ada juga harus dilengkapi dengan berbagai ukuran mata solder yang bisa diganti-ganti. Tujuannya adalah untuk menyesuaikan dengan area yang akan di solder, seperti pin-pin IC yang kecil maka diperlukan juga mata solder dengan ukuran kecil.

Peralatan untuk service laptop lainnya yang tak kalah penting adalah multimeter. Bisa dengan menggunakan multimeter analog atau multimeter digital. Namun saran saya, untuk keperluan mengukur tahanan atau tegangan yang sederhana, lebih mudah menggunakan multimeter analog. Sedangkan multimeter digital kita gunakan untuk keperluan yang lebih spesifik dan memerlukan kecermatan tinggi.

Peralatan teknisi laptop lainnya yang digunakan untuk mendukung proses perbaikan laptop di antaranya adalah satu set obeng ukuran kecil maupun besar. Adaptor dengan tegangan yang dapat diatur, fungsinya adalah digunakan untuk melakukan pengetesan jika perlu.

Alat pendukung lainnya adalah kuas pemberih, contact cleaner, pisau kecil, pinset, lampu yang memadai, kompresor kecil, plat cetak IC BGA, tenol, dll.

Perlu diperhatikan pada saat membongkar laptop sebaiknya dipersiapkan tempat yang bersih dan bebas debu, tujuannya agar komponen kecil didalam laptop tidak rusak dan LCD screen yang sangat sensitif tidak terkena debu maupun kotoran.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Meutia Halida Khairani said...

saya ngga ngerti *_*

Dwi said...

@ Meutia Halida Khairani: ga ngerti ga apa2 kok.., hehe

tere said...

@meutia.. kapokkkkk
hahahaha

Post a Comment