Solusi untuk Televisi Rusak Gambar Gelap


Advertisement


Kali ini saya tidak akan menulis hasil praktek servis komputer atau televisi, namun hanya ingin mengulas sedikit tentang kerusakan gambar gelap pada televisi yang banyak dijumpai pada pesawat televisi yang sudah berumur lama dalam pemakaiannya.

Sepertinya kerusakan yang paling sering dijumpai pada pesawat televisi CRT seiring umur pemakaian yang semakin lama adalah intensitas cahaya pada layar screen CRT semakin meredup. Hampir semua penyebab televisi gambar gelap ini disebabkan oleh melemahnya filamen CRT yang pengaruhnya berkaitan dengan tegangan heater.

Kerusakan televisi gambar redup ini biasanya ditandai dengan intensitas penyinaran pada layar semakin gelap, gambar menjadi hitam, atau malah kontras semakin lemah, dan mejadi pucat.

Untuk mengatasi televisi gambar gelap bisa dengan melakukan modifikasi pada tegangan heater yang mensupply filamen CRT, biasanya dengan melakukan cangkok heater atau menaikkan tegangan heater menjadi sedikit lebih tinggi.

Tapi trik cangkok heater ini tidak akan bertahan lama karena masalah yang sebenarnya adalah pada tabung/ CRT yang sudah melemah. Mungkin untuk jangka pendek dapat menerapkan cangkok heater untuk membantu menaikkan intensitas penyinaran ke layar TV.

Tapi kalau menginginkan hasil yang maksimum dan berumur panjang, jalan yang paling baik adalah ganti CRT.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Mulya Doa said...

cba jlasin cra mencangkoknya gan,,,mksh

Post a Comment