Penyebab Televisi TCL 21 ich Rusak Tidak Tampil Gambar


Advertisement
Kemarin main ke tempat saudara di Wonosari Gunungkidul, mendapat pasien televisi dua buah. Televisi TCL 21 inch mati gambar tidak tampil pada layar dan satu lagi televisi 14 inch mesin China. Namun yang akan kita bahas kali ini adalah televisi TCL 21 inch dulu, yang rusaknya cukup susah juga karena sebelumnya sudah pernah dibawa ke tukang service dan diganti IC videonya. Sebelumnya saya juga pernah menulis tentang TV TCL 14 inch disini: Service TV TCL Mati Total.

Penasaran dengan kerusakan TV TCL tersebut segera saya buka cover dan melihat kondisi PCBnya. Ternyata PCB masih mulus belum ada yang terbakar, kemudian saya hidupkan. Pada saat TV di nyalakan tidak keluar gambar pada layar, hanya ada kilatan gambar pada saat di ON/OFF.

Berarti bagian horizontal masih bekerja, dan memang semua tegangan DC masih normal. Saya curiga dengan flyback yang bermasalah, karena tegangan output anoda yang menuju CRT sepertinya tidak normal.

Bermodalkan keyakinan, saya cabut FBT dan mencari sparepartnya ke toko elektronika. Kebetulan di daerah saudara saya tersebut tidaklah terlalu jauh dari toko elektronika yang menyediakan kelengkapan service, dan ternyata flyback TCL tersedia dengan harga 50 ribu.

Langsung saya pasang dan gambar sudah tampil cuma masih cacat bagian purity, setelah saya cek ternyata PTC yang sejalur dengan degaussing coil mengalami kerusakan yaitu setengah terbakar. Saya cabut komponen tersebut dan mencari penggantinya, harga PTC yang baru adalah 5 ribu, langsung saya pasang dan purity dilayar sudah hilang. Selesailah sudah service TV TCL 21 inch dengan kerusakan gambar tidak tampil yang ternyata penyebab kerusakannya pada bagian FBT.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment