Modifikasi Soket CRT Pada Mesin TV China


Advertisement


Jika mendapatkan kerusakan TV yang sudah parah, sudah bukan rahasia lagi kalau jalan yang paling mulus adalah dengan menggnati mesin TV dengan mesin rakita buatan China yang dijual bebas dipasaran seperti kacang goreng.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam merangkai mesin TV China ini, selain memperhatikan kondisi CRT/ tabung TV dengan mesin yang aka dipasang harus cocok, hal penting lain seperti modifikasi tombol menu, socket Yoke, ukuran gambar, dan tidak lupa harus menyesuaikan susunan letak socket CRT harus sama letak pin-nya dengan mesin TV yang asli.

Jadi disini peran kita adalah menjiplak TV lama agar sama persis dengan TV baru yang akan kita buat. Jika terjadi ketidaksamaan pada salah satu komponen, maka sudah menjadi kewajiban seorang tukang dandan untuk bisa mengakalinya.

Dalam hal ini yang sering terjadi adalah socket CRT dengan pin CRT tidak sama, seperti misalnya CRT mininec akan digunakan pada mesin TV China dengan CRT biasa. Maka yang perlu dilakukan adalah mengurutkan satu-persatu letak pin CRT dengan socket agar sama persis, jika ada yang masih terbalik kemungkinan akan menyebabkan gambar tidak akan keluar, atau susunan warna menjadi acak.

Selain daripada modifikasi tersebut, untuk mengatasi hal yang berkaitan dengan CRT adalah meng-adjust ulang warna agar sama dengan CRT yang baru dipasang. Untuk melakukan hal tersebut harus melalui factory mode, biasanya remote control pada mesin TV China sudah dilengkapi dengan fasilitas factory adjustment, atau anda bsia melihat user manual untuk keterangan selengkapnya.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment