Fungsi Degaussing Coil pada Monitor dan Televisi


Advertisement
Kalau yang suka membuka pesawat TV atau monitor komputer, pasti pernah melihat sejenis lilitan tembaga terbungkus seal hitam yang melingkar disepanjang CRT/ tabung. Lalu sebenarnya apa fungsi degaussing coil yang melilit CRT tersebut?

Oh ya, degaussing adalah nama untuk lilitan kawat tembaga tersebut. Setiap TV atau monitor yang menggunakan CRT sebagai penampil gambar biasanya memakai degaussing coil di dalam CRT yang menempel melingkari CRT.

Degaussing Coil

Adanya degaussing ini bukan hanya digunakan sebagai pajangan atau penambah cantik saja, namun degaussing coil mempunyai fungsi untuk menjernihkan CRT dari adanya inpurity karena pengaruh medan magnet, baik itu magnet buatan atau pengarung induksi magnet bumi.

Biasanya kalau pesawat televisi habis dipindah tempat atau digeser arah, maka akan timbul warna merah di sudut-sudut tabung gambar pada saat televisi dinyalakan. Nah, fungsi degaussing adalah untuk menghilangkan warna merah tersebut. Karena warna kemerahan itu bukan disengaja diberi pewarna, tapi cacat warna tersebut bisa terjadi karena adanya pengaruh gaya magnet.

Kalau didalam monitor komputer, fungsi degaussing dapat di atur secara manual melalui menu OSD yang ada pada control menunya. Sedangkan pada pesawat televisi degaussing biasanya otomatis berfungsi pada saat televisi dinyalakan.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

amyfebryan said...

info yang sangat memberguna untuk saya :)

Post a Comment