Tombol Menu Rusak pada Televisi


Advertisement


Kerusakan yang sepertinya tidak begitu berat pada televisi adalah kerusakan yang mudah ditemukan misalnya tombol menu tidak berfungsi, tampilan menu jalan sendiri, cacad pada OSD menu, dan kerusakan lain pada switch power misalnya.

Yang kadang membuat pusing adalah kerusakan pada OSD menu dengan fungsi menjadi acak, atau tampilan OSD locked. Kalau pada monitor LCD tampilan OSD locked ini dapat di atasi dengan melakukan unlock OSD, tapi pada pesawat televisi kerusakannya biasanya berkaitan dengan IC program dan tegangan 5 volt DC.

Kerusakan tombol menu tidak berfungsi pada televisi lebih mudah jika dibandingkan dengan kerusakan lain misalnya televisi gambar buram atau flyback bocor. Yang perlu diperhatikan pada kerusakan ini hanyalah area control button yang kebanyakan sudah berkarat atau aus karena umur pemakaian yang lama.

Seperti yang saya temui siang tadi, dimana sebuah televisi Sharp mengalami kerusakan tampilan menu menjadi acak dan kadang-kadang channel berpindah sendiri. Mulanya saya curiga dengan bagian IC program, namun ternyata setelah saya buka yang bermasalah hanya pada button menu yang sudah berkarat.

Langsung saya melakukan kanibal terhadap mesin TV lain yang tidak terpakai, dan setelah button menu diganti, TV sudah berfungsi normal dan channel tidak lagi berpindah-pindah sendiri.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Sukadi said...

Kalau buat yang ahli mungkin tidak bingung dengan kerusakan TV, tapi kalau saya, sudah bingung dan buru-buru cari tukang servis hehe..

Terimakasih, Mas

Post a Comment