Kelemahan Mesin TV China | Flyback TV Cina


Advertisement


Beberapa waktu yang lalu saya pernah membahas tentang mesin TV merek China yang sekarang semakin banyak dijumpai di pasaran dan dijual dengan harga cukup murah. Dari beberapa kelebihan mesin TV China dapat di lihat misalnya pada kemudahan mencari sparepart jika suatu saat mengalami kerusakan, serta dukungan komponen dengan harga murah meriah.

Ternyata dibalik kemudahan yang ditawarkan oleh mesin televisi Cina, ada kekurangan yang juga kalau kita lihat akan menjadi masalah baru untuk kegunaan dalan jangka panjang. Berdasarkan pengalaman saya baru-baru ini, kelemahan mesin TV China adalah pada komponen yang rawan mengalami kerusakan, dalam hal ini yang sering saya temukan adalah flyback yang mudah rusak.

Mengapa saya dapat membuat kesimpulan demikian? Karena dari beberapa konsumen yang TV-nya saya modif menggunakan mesin TV China rata-rata mengeluhkan kerusakan yang sama yaitu setelah jangka waktu 3 bulan TV tersebut kembali mengalami kerusakan pada bagian FBT/ flyback.

Kerusakannya adalah bocornya tegangan anoda flyback TV Cina sehingga menyebabkan kabel anoda yang menuju ke CRT menjadi bocor dan mengeluarkan bunyi bising. Dan bahkan dalam kasus yang parah, tegangan anoda akan langsung menyembur keluar sehingga mengakibatkan jebolnya kabel anoda flyback.

Untuk mengatasi hal ini jalan satu-satunya adalah dengan mengganti flyback yang sudah bocor dengan flyback baru. Harga flyback mesin TV China saat ini dalam kisaran Rp. 45.000,-

Advertisement

{ 7 Comments... read them below or add one }

Goiq said...

saya kalo beli merk china paling untuk mp3 aja...

Master D said...

agan numpang tanya nih,, mesin tv merk china kan biasanya bisa buat tabung 14" - 21" kan,, nah aku punya masalah ketika mesin tv tersebut aku modif ke tv 21" gambar yang tampil layarnya kok gak bisa penuh ya gan?? padahal kabelnya yang warna merah sudah saya pindah kesana kemari sesuai konektor yang di sediakan,, tetapi kok tetep gak bisa penuh ya gan,, kira-kira solusinya apa gan,, bantu dong pecahin permasalahan aku,,, atas bantuannya terima kasih ya gan,,

Dwi said...

@ Master D: ya memang masalah yang sering timbul pada tabung 21" adalah gambar kurang lebar, apalagi kalau tabung flat.

Untuk mengatasi masalah ini saya biasanya modif kapasitor/ mylar yang nilainya dalam kisaran 912J/ 16KV. Kalau gambar kurang lebar, tinggal nilai kapasitor tersebut dibesarin. atau kalau hanya kurang lebar sedikit, bisa meninggikan tegangan B+ dengan cara adjust VR b+ nya.

Audio Video Consept said...

Sekedar buat tambahan bos, untuk melebarkan gambar bisa menggunakan trafo yoke opsional dari WANSONIC, di jual terpisah, hrganya sekitar 15rb. Juga bsa utk menyempitkan gambar,terdapat cara konfigurasinya. Semoga membantu. Terimakasih.

dirra febriana said...

bisa di akalain gan kop karet yg di layar di balur pake oli dikit atau pake minyak kelapa , biar tidak bocor .thx

herri said...

apa sebabnya tuner tidak bisa menerima sinyal setela kita menggunakan av ( parabolla ) dan bagai mana memperbaikinya

Anonymous said...

master lam kenal nh,, ane lg kesulitan servis tv cina dibagian heaternya, voltage yg ke kop plyback ada, teg.masuk dan yg keluar dr fbt jg ada tapi lampu heater yg di leher tabung ga nyala, mhn bantuan ya..? trims ardi

Post a Comment