Flyback TV Bocor Semakin Banyak


Advertisement
Kemarin saya pernah menulis tentang kelemahan mesin TV China yang kebanyakan mengalami kerusakan pada bagian flybacknya. Ternyata TV rakitan yang pernah saya kerjakan rata-rata memang setelah jangka waktu tertentu rusak dibagian yang sama yaitu bagian flyback/ FBT.

Itu terjadi yang paling banyak adalah pada musim hujan ini, jadi kesimpulan saya antara cuaca yang dingin dan mengembun ada kaitannya dengan tegangan anoda flyback yang pada akhirnya dapat menyebabkan flyback bocor.

Flyback TV Bocor

Sekarang yang saya lakukan adalah menyiapkan spare flyback sebanyak-banyaknya. Ada cara yang lebih murah sebenarnya untuk mengatasi TV rusak flyback ini, yaitu dengan mengganti pada bagian yang bocor.

Dalam hal ini adalah pada kabel anoda yang berwarna merah, karena bagian inilah yang rusak jadi dapat dicabut dan dibelikan kabel baru. Harganya jauh lebih murah daripada harus membeli flyback baru, namun untuk kualitas atau ke-awetan saya masih belum bisa menjamin.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Ummiega said...

Terima kasih selalu sering ilmunya. Pengalaman saya kalau barang elektro sudah rusak dari pada servis mending dilembiru, kecuali seperti mas yang bisa perbaiki sendiri. Apalagi produk cina katanya cuma bisa sekali pakai ya mas.

Anton Wijaya said...

Untung mas dwi bisa mengetahui dimana kerusakanya,hehe

Dwi said...

@ Ummiega: ia banyak yang mengatakan barang produk China hanya sekali pakai mungkin karena barang tersebut masih di bawah rata-rata., cuma barang2 China biasanya dikemas menarik dengan harga murah. Ini juga yang membuat orang masih melirik produk China walaupun tau kualitasnya rendah.

Dwi said...

@ Anton Wijaya: sudah sering mengerjakan soalnya mas, hehe.

Post a Comment