Komputer Kalau Panas Mati


Advertisement


Kerusakan komputer kalau panas mati atau komputer kalau panas sering restart sendiri memang banyak di jumpai. Bahkan tidak hanya pada PC dekstop, tapi kadang netbook atau laptop panas mati sering juga membuat kita pusing karena harus memperbaikinya.

Kerusakan komputer panas mati ini sebenarnya tidak terlalu susah untuk di perbaiki. Apalagi kalau komputer anda berada di lokasi yang temperatur udaranya panas, maka kemungkinan penyebab komputer kalau panas mati bisa jadi karena temperatur di dalam PC box terlalu panas.

Biasanya kerusakan komputer sering restart kalau panas ini terjadi pada PC atau laptop yang di hidupkan non-stop dan kurang mendapat ventilasi udara, sehingga suhu udaranya terlalu panas dan menyebabkan processor terlalu panas.

Untuk mengecek kerusakannya, silahkan buka casing PC dan lihat apakah adalah elco-elco yang menggembung. Kalau tidak, bisa jadi silikon yang digunakan pada processor sudah kering. Kalau memang kering, silahkan bersihkan dan tambahkan silikon yang baru agar panas dari processor dapat tersalur ke heatshink.

Kalau semua dalam kondisi baik, komponen lain yang dapat menyebabkan komputer kalau panas menjadi hang adalah pada processornya. Silahkan untuk mengetestnya ganti processor dengan yang masih bagus. Kalau memang processor rusak biasanya setelah diganti, komputer tidak akan mati lagi, silahkan lakukan burn-in sekitar 1-2 jam untuk memastikannya.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Eko Prih H said...

Sippp! Laptop kantorku sering mati juga tuh gan!

Yadimas Alang said...

info yang mantab masbro..

Post a Comment