Filamen CRT :: Lampu Heater CRT


Advertisement
Filamen CRT atau lampu heater CRT adalah bagian penting dalam sebuah rangkaian televisi atau monitor komputer dengan layar CRT. Lampu filamen dapat menyala karena adanya tegangan heater yang berasal dari trafo konverter ataupun jika dalam pesawat televisi berasal dari flyback.

Jenis tegangan pada monitor komputer tidak sama dengan filamen pada pesawat TV. Jika dalam monitor komputer lampu filamen menggunakan tegangan DC 6.3 volt, tapi kalau dalam pesawat TV lampu filamen dinyalakan oleh tegangan AC sekitar 5 volt yang berasal dari FBT/ flyback.

Jika sebuah CRT sudah digunakan terlalu lama atau umur pemakaian yang sangat lama, maka dapat menyebabkan kerusakan pada lampu filamen/ lampu heaternya. Masalah yang timbul dari kerusakan filamen ini dapat ditandai dengan gambar tampilan pada layar menjadi redup/ sama sekali gelap.

Untuk mengatasi masalah lampu filamen yang sudah lemah ini dapat dilakukan dengan sedikit modifikasi pada tegangan heater. Bisa dengan mencangkok heater atau dengan menurunkan nilai tahanan resistor pada jalur tegangan heater.

Itulah sedikit pembahasan mengenai lampu heater atau lampu filamen CRT monitor dan televisi.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment