Contoh Semikonduktor


Advertisement


Sebelum membahas tentang contoh semikonduktor dan pengertian semikonduktor, ada baiknya kita mengingat dahulu tentang sifat dari suatu benda dan pengaruhnya terhadap arus listrik. Dalam bidang elektronika dikenal adanya benda yang bersifat sebagai Konduktor (penghantar), isolator(penghambat), dan semikonduktor(dapat bersifat sebagai penghantar maupun penghambat).

Mengenai benda apa saja yang bersifat konduktor dan isolator akan kita bahas pada lain kesempatan. Kali ini kita membahas satu topik dahulu yaitu contoh semikonduktor. Benda yang bersifat semikonduktor memiliki karakteristik diantara isolator dan juga konduktor.

Jadi benda tersebut bersifat mengikat elektron, namun sebagian elektron masih tetap dapat berpindah tempat dan bergerak. Benda-benda yang bersifat semikonduktor ini sangat berperan dalam teknologi khususnya bidang komputer dan elektronika.

Diantara contoh benda yang bersifat sebagai semikonduktor diantaranya adalah silikon, tembaga, platina, transistor, IC (Integrated Circuit), dan masih banyak lagi terutama komponen-komponen elektronika.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Student said...

Kalo timah termasuk semi konduktor atau konduktor ya? Makasih sebelumnya

Dwi said...

@ Student: timah termasuk konduktor atau penghantar

Post a Comment