Contoh Bioteknologi Modern


Advertisement


Contoh Bioteknologi Modern - Pengertian  Bioteknologi Modern
Dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan, para ilmuwan juga telah mengembangkan teknologi diberbagai bidang, salah satunya dibidang biologi yaitu ilmu bioteknologi. Bioteknologi adalah salah satu cabang ilmu yang khusus mempelajari pemanfaatan makhluk hidup seperti bakteri atau fungi, dan juga produk yang berasal dari makhluk hidup misalnya enzim.

Bioteknologi sendiri terbagi menjadi dua macam yaitu bioteknologi konvensional dan bioteknologi modern, namun disini kita hanya akan membahas salah satunya yaitu contoh bioteknologi modern.

Penerapan bioteknologi modern dapat kita lihat diberbagai bidang, salah satu contoh bioteknologi modern yaitu dalam proses rekayasa genetika.

Rekayasa Genetika

Pengertian rekayasa genetika: Yang dimaksud rekayasa genetika adalah sebuah manipulasi gen makhluk hidup agar didapatkan sifat makhluk hidup baru sesuai dengan keinginan. Rekayasa genetika dikenal juga dengan sebutan rekombinasi DNA atau pencangkokan gen.

Karena struktur DNA dari tiap makhluk hidup adalah sama, maka dalam rekayasa genetika dilakukan penggabungan DNA untuk menggabungkan sifat makhluk hidup. DNA sel dapat di ubah melalui banyak cara misalnya melalui transplantasi inti, fusi sel, teknologi plasmid, dan rekombinasi DNA.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment