Cara Memperbaiki Lampu Hemat Energi


Advertisement


Sebelum menulis tentang cara memperbaiki lampu hemat energi saya mau sedikit menegaskan kalau lampu hemat energi yang dimaksud disini adalah lampu berjenis noen yang biasa disebut juga dengan lampu jari.

Lampu Hemat Energi

Perlu diketahui bahwa lampu hemat energi memiliki umur pemakaian yang terbatas, tidak sama dengan lampu pijar biasa. Kadang tanpa sebab lampu hemat energi mati begitu saja, lalu bagaimana cara memperbaiki lampu yang mati tersebut?

Pertama-tama kita harus menentukan dahulu, bagian mana yang mengalami kerusakan pada lampu yang mati. Karena ada dua kemungkinan penyebab lampu hemat energi mati, yang pertama adalah putus pada bagian TL (tabung lampu), untuk mengetahuinya dapat dilakukan dengan mengukur tiap-tiap ujung dari TL dengan menggunakan multimeter analog (posisikan multimeter pada opsi x10 ohm)

Kalau ternyata TL masih bagus, kemungkinan yang mati adalah pada bagian ballas, ballas yang digunakan pada lampu hemat energi tidak sama dengan ballas biasa. Ballas disini berbentuk rangkaian elektronika dengan banyak komponen.

Pertama pengecekan dapat dilakukan dengan melihat kondisi fisik dari rangkaian ballas, kalau ada komponen yang terbakar, maka segera lakukan penggantian. Tapi jika kondisi fisik komponen masih bagus, yang perlu dilakukan adalah mengukur tiap komponen.

Bagian yang mati biasanya adalah transistor yang berfungsi sebagai penguat ballas, jika nanti transistor tersebut sudah diganti, maka ballas dapat berfungsi kembali. Ganti transistor menggunakan transistor yang satu tipe. Demikian sedikit penjelasan tentang bagaimana cara memperbaiki lampu hemat energi atau cara service lampu hemat energi.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

adhy said...

Hlloo Salam

Saya punya masalah ketika saya memperbaiki lampu ini.

lampunya hanya berkedip, kira2 apa yang salah yah.

Anonymous said...

owh gt y ..

Post a Comment