Penyebab Kerusakan Digital Speaker Aktif Mati


Advertisement


Hari ini lumayan sibuk, mulai dari pagi hari sampai sekarang pukul 5 sore saya masih sibuk mengerjakan proyek sampingan yaitu memperbaiki perangkat elektronika. Mulai dari TV rusak, komputer, sampai speaker aktif mati harus saya perbaiki.

Ada hal baru yang saya temukan yaitu kerusakan speaker aktif model digital. Baru sekali ini saya membongkar speaker aktif dengan model digital dilengkapi remote control. Kerusakan dari speaker aktif tersebut adalah mati total.

Tadinya saya kira yang menyebabkan speaker aktif mati adalah karena bagian power supply-nya tidak bekerja. Tapi setelah saya bongkar ternyata blok power supply tidak mengalami masalah. Semua komponen masih utuh dan tegangan dari power supply juga normal.

Tidak kunjung menemui pemecahan masalah, saya teruskan pengecekan pada bagian front cover yang juga merupakan tempat semua kontrol seperti volume, mute, dan kontrol lain yang semua serba digital.

Setelah saya buka dan ukur, ternyata tegangan yang seharusnya 5 volt tidak sampai pada blok digital yang akhirnya saya sebut blok program tersebut. Yang saya curigai adalah pada bagian socket berkemungkinan renggang, sehingga tegangan dari power supply tidak dapat masuk ke bagian program board.

Lama mengurut, akhirnya penyebab speaker aktif mati-pun saya jumpai yaitu karena ada salah satu line PCB pada blok program putus. Jalur PCB tersebut cukup kecil dan 'tersembunyi', sehingga tidak begitu nampak kalau dilihat dari luar. Setelah bagian ini saya sambung, ternyata speaker dapat menyala kembali.

Dan pekerjaan-pun saya lanjutkan dengan memperbaiki remote control beserta microphone yang juga rusak bersamaan.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment