Penyebab Jam Dinding Rusak


Advertisement


Penyebab Jam Dinding Rusak - Sepertinya pekerjaan saya di bidang teknisi tidak hanya terbatas pada perangkat elektronika seperti komputer atau TV saja, tapi sudah mulai melebar ke peralatan-peralatan lain seperti charger handphone, setrika listrik rusak, sampai hari ini saya ketiban tugas memperbaiki jam dinding rusak.

Memang kalau sudah terlanjur bisa, mau bilang tidak mau juga gak enak. Akhirnya jam dinding-pun saya embat juga. Hitung-hitung sebagai pemanasan sebelum memperbaiki laptop rusak. Jadi ceritanya hari ini saya lumayan sibuk, karena beberapa tempat harus saya datangi untuk melaksanakan tugas rutin saya sebagai dokter panggilan, hehe.

Pada saat saya memperbaiki sebuah televisi Polytron, setelah pekerjaan saya selesai yang punya TV pun punya inisiatif menyuruh saya memperbaiki jam dindingnya yang rusak. Karena kerusakan TV Polytron ini lumayan mudah, maka tidak memerlukan banyak waktu untuk saya perbaiki, lain kali akan saya posting disini, kebetulan ada sedikit ilmu baru tentang TV Polytron.

Setelah repair TV selesai, ada satu job lagi yaitu mencari penyebab kerusakan jam dinding. Sebenarnya kalau di lihat harga jam tidak terlalu mahal, tapi karena sudah kewajiban, akhirnya sayapun turun tangan untuk mencari penyebab jam dinding rusak.

Tidak membutuhkan waktu lama untuk membongkar dalaman jam dinding, setelah semua terbuka, saya urut satu-persatu bagian dalam jam. Ternyata pada satu roda dekat gulungan kumparan, terdapat benda asing yang menyangkut di antara roda mesin jam dan berdekatan dengan magnet. Benda tersebut adalah seekor semut yang sudah mati dan mengering.

Karena tersangkut oleh semut, akhirnya putaran jam menjadi terhenti. Dan setelah mesin saya bersihkan, juga semut saya buang, ternyata jam dinding tersebut sudah dapat berputar normal kembali.

Walaupun kelihatan sepele, saya sangat berpuas hati karena dapat membuat konsumen saya gembira.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Meutia Halida Khairani said...

dasar tu semut ganggu aja. hehehe. saya baru tau kalo ini blognya teknisi... sangat membantu sekaliii

Anonymous said...

Mbah, td saya iseng bongkar jam dinding punya kk ipar karena rusak jadi tongkrongannya semut2 nakal. Dengan pengalaman satu kali bongkar jam dinding buat muterin jarum jam ke kiri dan langsung berhasil, saya memberanikan diri utk membongkar jam yg disemutin tsb. Masalahnya, waktu dibersihan dalamnya, tiba2 krompyang itu jeroan jam dinding tumpah ruah jatuh ke ubin dari tangan saya, nah jdnya saya lupa posisi roda2nya. Semua rangkaian dah di tempat masing2, cuma tinggal rodanya aja yg bingung gk mecing2. Bisa bantu gk mbah? Apa ad gmbr manualnya itu jeroan?

Anonymous said...

kasusnya sama

Post a Comment