Pengertian Seismometer [Pengukur Sensor Getaran]


Advertisement


Seismometer, mungkin sedikit asing kalau mendengar istilah tersebut. Belum banyak orang tau tentang pengertian seismometer, jadi membuat saya tertarik dengan alat pengukur sensor getaran ini. Kebetulan saya menemukan artikel yang berkaitan dengan seismometer dari Wikipedia, kurang lebih intinya adalah seperti berikut.

Seismometer adalah sebuah alat yang digunakan untuk mengetahui perubahan getaran suatu permukaan tanah. Penggunaan seismometer biasanya dikaitkan dengan kejadian gempa bumi, karena alat ini memang berfungsi untuk mendeteksi gempa bumi dengan cara merekam setiap getaran yang terjadi pada permukaan tanah.

Kalau sekarang yang lebih dikenal sebagai alat pencatat terjadinya gempa bumi disebut Seismograf. Prinsip kerja seismograf ini adalah sebuah peralatan yang terdiri dari gantungan pemberat dengan pensil diujungnya. Jadi ketika terjadi gempa atau getaran pensil tersebut akan ikut bergetar dan mencatat sebuah pola dalam kertas, hasil rekaman dari seismograf disebut seismogram.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, sekarang alat pendeteksi gempa sudah dilengkapi dengan hasil catatan yang lebih akurat dan terperinci.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment