Menyambung Kabel USB Rusak


Advertisement
Pekerjaan menyambung kabel USB rusak ini saya lakukan kemarin, karena akan memindahkan beberapa gambar yang terdapat di handphone Nokia E71 tapi sedang ada masalah dengan bluetooth di laptop saya, jadi saya terpaksa harus mencari kabel USB handphone.

Karena sudah lama tidak digunakan, kabel USB yang saya maksud tidak berhasil saya temukan. Sedangkan gambar di handphone harus segera di upload karena ada keperluan mendesak, maka jalan satu-satunya adalah mempergunakan apa yang ada.

Kebetulan ada USB kabel dari HP merek China yang tidak terpakai karena sudah rusak dan ada sebuah optical mouse nganggur. Jadi dech mouse saya korbankan untuk memperbaiki USB kabel yang rusak tadi, setelah masing-masing kabel dipotong, kemudian di urut line kabelnya yang menuju ke USB port di komputer.

Sebenarnya bagian kabel USB tidak terlalu banyak, hanya ada empat buah kabel yang masing-masing berfungsi sebagai penghantar tegangan 5 volt, tegangan negatif, grounding, dan satu kabel lagi untuk menyalurkan data ke PC.

Kalau setiap kabel disambung sesuai jalur yang menuju komputer, maka kabel yang sudah putus/ rusak akan dapat dipergunakan lagi. Sama seperti yang saya lakukan pada kabel USB rusak tadi, setelah semua saya sambung dengan posisi yang benar, akhirnya saya memiliki kabel USB Nokia yang baru.

Dan pekerjaan meng-upload gambar dari handphone dapat saya lakukan tanpa kendala.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment