Mencari Persamaan Transistor


Advertisement


Mencari Persamaan Transistor - Sudah lama sekali saya tidak terlibat dengan perhitungan transistor, terakhir kayaknya dulu waktu masih sekolah suka merakit amplifier. Kalau sekarang kebanyakan memperbaiki barang rusak daripada merakit peralatan elektronika untuk hobi.

Sampai kemarin waktu memeriksa sebuah speaker aktif yang mati, ternyata selain transformernya terbakar, bagian power amplifiernya juga rusak. Nah, yang mati dari bagian power ini adalah sepasang transistor powernya.

Tipe dari transistor tersebut adalah TIP 31 dan TIP 32. Karena kemarin waktu saya mau membeli komponen tersebut tidak ada, maka saya hanya mencari persamaannya. Saya ingat persamaan dari transistor ini adalah D313 dan B507, tapi untuk mencocokkan keduanya masih kesulitan.

Akhirnya cara untuk membedakannya hanya dengan mengukur masing-masing pin B, C, E dari kedua tipe transistor tersebut. Beruntung masih ada satu transistor TIP 31 yang masih hidup bisa dijadikan sebagai perbandingan.

Dan akhirnya saya jadi membeli persamaan transistor tadi, tapi sampai sekarang belum saya pasang karena ini lagi sibuk mengurusi blog.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Maruji Wijaya said...

saya punya transistor b536 ada persamannya gak ........

Post a Comment