Kerusakan Televisi Mati Mengeluarkan Bunyi Aneh


Advertisement


Sekitar dua minggu yang lalu saya pernah menulis tentang Service TV Digitec 17 inch Gambar Bergaris Tengah, dan penyelesaian dari kerusakan tersebut adalah dengan mengganti IC vertikal TDA3653B.

Ternyata televisi tersebut tidak bertahan lama, karena kemarin yang punya TV mendatangi rumah saya dan menceritakan kalau TVnya sudah rusak lagi. Kerusakan yang sekarang adalah televisi mati mengeluarkan bunyi aneh. Saya langsung menyanggupi untuk memperbaikinya lagi, karena tenggang waktu yang sebentar tersebut memang masih dalam tanggung jawab saya.

Karena kemarin hujan, hari ini saya baru bisa pergi memperbaiki TV yang rusak tersebut sekalian ke tempat rental komputer karena mau scan KTP dan buku tabungan. Sepulang dari scan KTP, saya langsung menuju ke rumah si pemilik TV dan melihat kondisi TVnya.

Ternyata memang benar TV tersebut sudah mati total, yang terdengar hanya suara aneh yang keluar dari speaker. Kalau terus dihidupkan, maka TV benar-benar mati (no power).

Setelah saya lihat, yang bermasalah dari TV tersebut adalah pada tegangan 12 volt dari power supply tidak keluar. Kerusakannya mirip dengan yang dulu pernah saya tulis di blog sisilain.net ini. Blok horizontal tidak ada tegangan, terutama di pin colector transistor horizontal. Setelah di hidupkan terlalu lama, elco B+ 100uF/ 160 volt meletus (terbakar).

Dengan melihat tanda-tanda tersebut kemungkinan tegangan tidak mau keluar karena ada komponen yang mati/ short. Ternyata benar, transistor horizontal short dan menyebabkan semua tegangan ngedrop.

Setelah saya ganti transistor horizontal dan elco B+, TV sudah dapat menyala normal kembali. Tapi saya wanti-wanti kepada si pemilik TV kalau suatu saat TV tersebut rusak lagi, lebih baik diganti mesin dengan mesin TV China atau beli TV baru. Karena kondisi mesin TV sudah terlalu sering rusak dan tidak layak pakai.


Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment