Kerusakan IC Suara Televisi Sharp


Advertisement


Tadi mendapat pasien TV Sharp 14 inch dengan kerusakan suara tidak keluar dari speaker. Anehnya kalau menggunakan speaker aktif/ speaker eksternal, suara dapat berfungsi normal. Kerusakan tersebut ditambah dengan tombol menu yang kadang-kadang tidak berfungsi dengan baik.

Dugaan sementara, masalah suara yang tidak dapat keluar adalah karena kerusakan dari IC power audionya. TV Sharp model ini menggunakan IC suara TDA7496, karena saya belum mempunyai stok IC jadinya untuk sementara TV saya pending dahulu.

Tapi ada satu hal yang masih mengganjal, yaitu apabila setelah diganti IC suara ternyata kerusakan masih belum teratasi, dugaan selanjutnya adalah pada bagian blok program. Mengapa demikian? Karena selain suara tidak keluar, saya curiga penyebabnya dapat terjadi dari IC program yang sudah soak.

Hal itu dapat terlihat dari tampilan OSD menu yang kadang-kadang error. Kalau sudah menyangkut pada program board, urusannya bakalan runyam. Karena selain belum tentu ada IC dengan tipe yang sama, menganalisa blok program cukup bikin pusing.

Untuk sementara kerusakan saya vonis pada IC suara dulu, kalau ternyata nanti belum menemukan solusi, terpaksa harus melakukan kanibal dengan mesin TV yang lain.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Tri Setyo Wijanarko said...

Om mau tanya dong, TV saya gambarnya ngilang kemudian diikuti juga dengan menghilangnya suara beberapa hari kemudian.. Katanya yang rusak flyback-nya dan harus diganti dengan harga 200.000 karena TV saya menggunakan flyback original jepang.. sebagai info, TV saya Sharp 14" yang dibeli sejak tahun 2004. baru kali ini ada masalah.. apa benar harga flyback sampai segitu mahalnya? bisa nggak sih diganti dengan flyback lokal?

maaf sebelumnya kalau pertanyaannya out off topic.. terima kasih..

Dwi said...

@ Tri Setyo Wijanarko: wah setau saya flyback yang benar2 asli Sharp susah nyarinya mas.

kalau rusak flyback, saya biasanya mengganti dengan flyback standar yang banyak dijual dipasaran.
kualitasnya sudah maknyuss, harganya cukup murah mas, cuma 45 ribu. Coba ditanyakan lagi pada bengkelnya, siapa tau bisa cocok, kan lumayan hemat.

Anonymous said...

saya do'akan semoga ilmu+rezeki anda semakin bertambah

Post a Comment