Faktor Yang Mempengaruhi Kerja Obat


Advertisement


Faktor yang mempengaruhi kerja obat diantaranya adalah dari makanan, karena beberapa jenis makanan dapat berinteraksi dengan obat yang kita minum, sehingga obat tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dampak dari obat yang berinteraksi dengan makanan dapat mengakibatkan pada hal kecil sampai dampak yang berbahaya.

Sebenarnya faktor yang mempengaruhi kerja obat bukan hanya dari makanan saja, tapi beberapa faktor seperti kondisi fisik seseorang, faktor lingkungan, juga dapat berpengaruh pada peningkatan atau penurunan efektifitas dari obat tersebut.

Tapi disini yang akan kita bahas adalah beberapa contoh makanan yang dapat berinteraksi dengan obat-obatan. Beberapa makanan yang mempengaruhi kerja obat misalnya:

  1. Susu, saat sedang mengkonsumsi obat biasanya kita dilarang untuk minum susu. Sebenarnya yang dapat mempengaruhi kerja obat adalah kalsium yang terkandung dalam susu tersebut. Kalsium dapat bereaksi dengan obat sehingga mengurangi penyerapan tetrasiklin.
  2. Kafein yang terkandung dalam kopi, minum kopi sebaiknya juga dihentikan dulu apabila kita sedang mengkonsumsi obat, karena kafein dapat berinteraksi dengan jenis obat tertentu dan menyebabkan overdosis.
  3. Jus jeruk, dapat menghambat pengeluaran enzim yang bekerja pada metabolisme obat, sehingga akan dapat menyebabkan obat diserap secara berlebihan oleh tubuh.


Itulah beberapa makanan yang dapat berinteraksi dengan obat yang kita minum. Tapi tentunya bukan semua jenis obat dapat menimbulkan dampak yang sama, untuk lebih jelasnya sebaiknya selalu lakukan konsultasi dengan dokter apabila Anda sedang mengkonsumsi obat, apa saja efek samping dan juga pantangannya.

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

jiah al jafara said...

nice info :-D

Meutia Halida Khairani said...

saya malah mau tidur minum obat dan susu. wah gawat...

Post a Comment