Cara Memperbesar Arus Listrik


Advertisement


Cara memperbesar arus listrik ini adalah hal yang sering saya lakukan apabila ingin menambah besarnya arus listrik pada suatu power supply atau transformator. Sebenarnya bukan mutlak arus listrik dapat bertambah besar dengan cara ini, karena mengenai rumus arus listrik saya juga sudah lupa-lupa ingat.

Tapi dengan sedikit trik maka hasil yang diperoleh cukup memuaskan, cara menambah besar arus listrik misalnya pada trafo adalah dengan memperbesar diameter kumparan/ kawat email dari trafo tersebut. Kalau kita perhatikan pada tiap trafo besarnya kawat email ini berbeda-beda.

Semakin besar diameter suatu kawat pada trafo maka akan menghasilkan arus listrik yang lebih besar, yang saya maksudkan disini adalah pada kumparan sekunder dari trafo. Misalnya pada trafo 5 ampere dengan trafo 1 ampere, diameter dari kawat email yang digunakan pasti tidak sama.

Kadang suatu rangkaian elektronika memerlukan arus listrik yang lebih besar dengan tegangan tetap misalnya 12 volt. Disinilah kita dapat menerapkan trik ini. Tapi untuk melilit ulang suatu trafo harus teliti agar jumlah lilitannya tidak berubah.

Kalau jumlah lilitan berubah maka tegangan yang dihasilkan juga akan bertambah besar. Jadi dapat disimpulkan kalau untuk menambah besar arus listrik dapat dilakukan dengan menambah diameter kawat kumparan, sedangkan untuk memperbesar tegangan listrik adalah dengan menambah jumlah lilitan kawat kumparan. Demikianlah sedikit trik tentang cara memperbesar arus listrik.

Advertisement

{ 4 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

Hm,,,,, seteu gue trafo yg baik tidak bisa di ubah seenaknya saja,, karena untuk menentukan arus/daya trafo itu harus berdasarkan inti kern. Silakan saja kamu ubah trafo 3A menjadi 5A amper, dengan hanya perhitungan diameter kawat email tanpa memperhitungkan berapa besar dya maksimum yg bisa melalui inti kern tsb.

Saprani said...

Kurg ngerti dgn mslh listrik

Hendi Berkelana said...

Ow... Unik juga caranya.
Ok thanks triknya... Tapi lebih suka yang standar" saja SNI

Rusli Wae said...

Iya benar saya juga sudah mencoba,ternyata hasilnya sesuai dengan bacaan diatas

Post a Comment