Pengertian Posyandu, Definisi Posyandu


Pasti kita sudah sering mendengar istilah Posyandu, sehingga tidak susah untuk mengetahui apa itu arti posyandu terutama definisi posyandu balita. Tapi untuk lebih jelasnya, berikut uraian tentang definisi posyandu atau pengertian posyandu. Pos Pelayanan Keluarga Berencana – Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. 

Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa. A.A. Gde Muninjaya (2002:169) mengatakan : ”Pelayanan kesehatan terpadu (yandu) adalah suatu bentuk keterpaduan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan di suatu wilayah kerjaPuskesmas. Tempat pelaksanaan pelayanan program terpadu di balai dusun, balai kelurahan, RW, dan sebagainya disebut dengan Pos pelayanan terpadu (Posyandu)”. Konsep Posyandu berkaitan erat dengan keterpaduan. Keterpaduan yang dimaksud meliputi keterpaduan dalam aspek sasaran, aspek lokasi kegiatan, aspek petugas penyelenggara, aspek dana dan lain sebagainya. (Departemen kesehatan, 1987:10).

Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia), dan lahir melalui suatu Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986. 

Legitimasi keberadaan Posyandu ini diperkuat kembali melalui Surat Edaran Menteri Dalam Negeri dan Otonomi Daerah tertanggal 13 Juni 2001 yang antara lain berisikan “Pedoman Umum Revitalisasi Posyandu” yang antara lain meminta diaktifkannya kembali Kelompok Kerja Operasional (POKJANAL) Posyandu di semua tingkatan administrasi pemerintahan. Penerbitan Surat Edaran ini dilatarbelakangi oleh perubahan lingkungan strategis yang terjadi demikian cepat berbarengan dengan krisis moneter yang berkepanjangan.

Referensi: http://www.infoposyandu.info/pengertian-posyandu.html

Melatih Mental Agar Percaya Diri Saat Tampil Di Depan Umum


Untuk melatih mental agar dapat tampil didepan umum atau dalam khalayak ramai sebenarnya tidak serumit yang dibayangkan (bagi mereka yang masih grogi tampil di khalayak ramai kadang sudah gemetar duluan sebelum tampil). Berlatih bicara dihadapan orang banyak dalam suatu acara atau dalam rapat-rapat tertentu dapat menambah rasa percaya diri saat tampil didepan publik.

Misalnya mengisi khotbah Jum'at, berpidato disaat acara pernikahan, atau dalam moment-moment lain. Kalau kita sudah terbiasa, saat tampil berbicara didepan umum tidak akan kesulitan dalam menentukan alur pembicaraan agar orang yang mendengarkan dapat menerima dengan baik apa yang kita sampaikan.

Pendidikan mental ini sebenarnya sangat penting dalam hidup bermasyarakat karena kalau kita sudah berbaur dengan orang banyak, mau tidak mau suatu saat pasti kita akan dituntut untuk bisa tampil didepan publik. Maka dari itu sangat perlu untuk kita melatih rasa percaya diri dari hal-hal yang terkecil.

Lapisan Paling Luar Atmosfer Bumi


Lapisan paling luar atmosfer bumi adalah eksosfer, adanya refleksi cahayamatahar i yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga disebut sebagai cahaya Zodiakal.



Ciri-Ciri (karakteristik) Lapisan Eksosfer / Eksosfir

Ketebalan eksosfer : 500 - 700 km
Suhu lapisan stratosfer : -57 derajat celcius
Tidak memiliki tekanan udara yaitu sebesar 0 cmHg

Untuk lebih lengkapnya mengenai atmosfer bumi bisa membaca tulisan terdahulu tentang pengertian atmosfer.

Susah Berkonsentrasi (Dan Award)


Belakangan ini banyak kesibukan offline yang saya lakukan, sehingga waktu untuk blogging sedikit tergeser. Itu juga mungkin yang menyebabkan saya sedikit kesulitan untuk berkonsentrasi dengan blog, sehingga tidak sempat membalas kunjungan sahabat blogger yang sudah mampir di blog ini.

Konsisten dalam membagi waktu mungkin perlu saya tekankan lagi, sehingga saat kesibukan offline padat, jadwal ngeblog pun tetap stabil.

Oh ya, saya juga mau pajang Award yang saya dapat dari sahabat Merliza, saya rasa Awardnya cukup unik. Kayak kaki orang yang sedang mengayuh sepeda, tapi sepedanya sepeda Wordpress, makasih ya sobat, sukses selalu buat Anda dan juga buat sahabat Blogger semua., salam sukses.. :)


Video Gerhana Bulan 2011


Gerhana bulan (Lunar Eclipse) yang terjadi pada 16 Juni 2011 memang cukup fenomenal, dimana kita dapat menyaksikan secara langsung salah satu fenomena alam yang termasuk langka dan jarang terjadi. Bagi yang tidak dapat menyaksikan peristiwa gerhana bulan 2011 lalu, berikut video Youtube rekaman gerhana bulan total beberapa waktu yang lalu.

Video Gerhana Bulan 2011

Surat Cinta Dalam Bahasa Daerah (Jawa)


Sebenarnya postingan ini masih ada hubungannya dengan artikel surat cinta bahasa Jawa kemarin, ternyata referensi yang saya berikan pada teman saya tersebut belum tepat, karena yang diperlukan adalah contoh surat cinta saat baru pertama bertemu terus jatuh cinta. 

Nah, setelah melalui beberapa proses, akhirnya saya edit suratnya menjadi seperti dibawah ini. Dan karena teman saya tersebut seorang cewek, maka saya juga memerankan sebagai cewek yang menyurati cowok, :D



Kanggo Kangmas Bambang

Muga-muga sliramu tansah kinayungan bagas waras saka Gusti kang tansah andum rasa Asih.

Kangmas….

Nembe sepisan ketemu sliramu. Nanging rinasa kaya wus kulina ing saben dinaku. Sak wuse wingi pepanggihan klawan sliramu, ora bisa tak sela’i yen esemu tansah manjing ing manah. Kaya pratanda tekane sawijining rasa kang ora bisa tak critakke marang wong liya.

Jroning batin banget pengin ketemu sliramu. Dipendem-pendem ngrusak raga. Arep crita bingung karo sapa. Namung layang iki tak tulis kanggo sliramu.

Kangmas..

Namung siji kang tansah tak tunggu. Muga-a kowe tanggap ing sasmita, lan ngerti apa kang tak rasakke ing dada.
Muga rasa iki bisa binales asih, kang mijil saka tulusing manahmu.

Cukup sak mene serat kangen iki tak tulis



Yogyakarta, 15 Juli 2011

Aku Kang tansah nunggu Sliramu
Dwi Jayanti

Contoh Surat Cinta Bahasa Jawa


Tugas dari sekolah kadang bermacam-macam, salah satunya disuruh membuat contoh surat cinta bahasa Jawa, berikut saya ada referensi tentang contoh surat cinta dalam bahasa Jawa atau layang katresnan yang saya dapat dari http://kamusjawa.com/?p=99. Semoga dapat membantu.



Kanggo Ajeng gegantilaning atiku

Muga-muga sliramu tansah kinayungan bagas waras saka Gusti kang tansah andum rasa Asih.

Ajeng….
Rinasa wus sewulan ora ketemu. Catur minggu tanpa esemmu. Ginagas terus wektu mlaku. Ning kene aku nunggu tekamu
Ora wola-wali.

Jruning batin banget pengin ketemu sliramu. Dipendem-pendem ngrusak raga. Arep crita bingung karo sapa. Namung layang iki tak tulis kanggo sliramu
Serat kangen tanda katresnanku
Suwene aku nunggu…kebak kangen saya kasimpen
dhimas wong ayu…
Muga-a kowe isih setya. Eling marang aku kang kapanjer waspa

Juli 2011, Jogja

Aku Kang tansah nresnani Sliramu
Bambang


Gelisah Saat Sedang Banyak Masalah


Gelisah Saat Sedang Banyak Masalah


Saat sedang banyak masalah aku gelisah

Saat masalah bertambah parah, aku semakin gelisah

Gelisah, suatu rasa yang gampang-gampang susah

Kadang-kadang sampai membuat aku mendesah, aaahhh..

Tapi rasa gelisah bisa menjadi indah

Ketika masalah sudah dapat terpecah


Cara Mengatasi Tampilan Display Windows 7/ XP Terlalu Besar


Tampilan pada Window 7 maupun Windows XP yang terlalu besar (ukuran tampilan menjadi besar dan kasar) bisa disebabkan karena kerusakan driver VGA cardnya. Untuk kasus seperti ini, cara mengatasi tampilan Windows yang terlalu besar adalah dengan menginstal ulang drivernya.

Tapi dalam kasus tertentu misalnya kita mengganti monitor yang biasanya dipakai untuk sebuah PC adalah 15 inch, terus kita ganti dengan monitor ukuran 21 inch. Maka tampilan layar monitor juga akan menjadi besar dan kasar, untuk mengembalikannya agar normal cukup dengan mengatur resolusinya dengan cara klik kanan pada dekstop, pilih 'screen resolution' kemudian lihat pada menu berikutnya akan ada opsi pengaturan resolusi layar monitor.


What Is Lead-acid batteries? (Pengertian Accu)


What Is Lead-acid batteries? Baterai lead-acid (baterai asam-timbal) diciptakan pada 1859 oleh fisikawan Perancis Gaston Plante, baterai lead-acid adalah jenis tertua dari baterai isi ulang (rechargeable). Kalau dalam bahasa sehari-hari kita biasa menyebut baterai jenis ini dengan nama aki (accu).

Meskipun memiliki rasio energi-ke-berat yang sangat rendah dan rasio energi-ke-volume rendah, kemampuan baterai aki untuk menyimpan dan menghasilkan arus yang tinggi dengan tegagan sangat bagus.

 Kelebihan ini dan juga harganya yang relatif murah membuat lead-acid batteries menjadi pilihan yang tepat untuk kegunaan sehari-hari seperti dalam kendaraan bermotor, karena baterai lead-acid mampu memberikan pasokan arus yang cukup tinggi untuk menghidupkan starter motor dan mobil.

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)


What Is Solar Energy? Pengertian Solar Energy. Solar energy atau tenaga surya adalah energi dari matahari, tanpa adanya energi dari matahari maka semua kehidupan di bumi akan berakhir. Energi matahari telah dipandang sebagai sumber energi yang dapat digunakan dalam jangka panjang selama bertahun-tahun karena sejumlah besar energi tersedia bebas, jika dimanfaatkan oleh teknologi modern maka akan dapat digunakan untuk berbagai keperluan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah contoh sederhana dari kekuatan matahari dapat dilihat dengan menggunakan kaca pembesar untuk memfokuskan sinar matahari pada selembar kertas. Tak lama kemudian kertas akan menyatu menjadi kobaran api. Contoh tadi adalah salah satu cara menggunakan energi matahari, tetapi dengan wujud api maka akan berbahaya dan sulit dikendalikan. Cara lain yang jauh lebih aman dan praktis untuk memanfaatkan energi matahari adalah dengan menggunakan kekuatan matahari untuk memanaskan air.

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Sebuah kaca pembesar dapat digunakan untuk memanaskan sejumlah kecil air.Sepotong pendek tabung tembaga disegel di satu ujung dan diisi dengan air. Sebuah kaca pembesar kemudian digunakan untuk memanaskan pipa. Menggunakan lebih dari satu kaca pembesar akan meningkatkan suhu lebih cepat. Setelah waktu yang relatif singkat suhu air meningkat, selanjutnya pamanasan air akan menyebabkan uap air muncul di bagian atas tabung. Secara teori, dengan cukup kesabaran, beberapa kaca pembesar dan panas cahaya matahari yang cukup kuat dapat dipergunakan untuk mendidihkan air, menghasilkan uap. Ini adalah salah satu cara memanfaatkan tenaga surya.

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Panel surya modern adalah kombinasi dari kaca pembesar dan pipa berisi cairan.Panel surya yang terlihat berlawanan memiliki kaca depan yang khusus dibuat untuk memfokuskan kekuatan matahari pada pipa di belakangnya. Pipa-pipa membawa cairan khusus akan memanas dengan cepat. Panel surya tersebut dicat hitam untuk menyerap panas dari matahari. Permukaan reflektif perak di belakang pipa memantulkan kembali cahaya matahari, melanjutkan pemanasan pipa dan cairan yang dikandungnya.Permukaan reflektif juga melindungi sesuatu di belakang panel surya (seperti atap).

What Is Solar Energy? (Pengertian Tenaga Surya)

Panas yang dihasilkan di dalam pipa ini kemudian digunakan untuk memanaskan tangki air. Proses seperti ini lebih menghemat penggunaan listrik atau gas untuk memanaskan tangki air.

Referensi: http://www.technologystudent.com/energy1/solar1.htm

Sakit Karena Terlalu Banyak Pikiran


Saat seseorang terbebani oleh masalah atau pikiran yang menghimpit, bisa jadi mengakibatkan penyakit seperti penyakit fisik tapi sangat sulit untuk di obati. Sebagai contohnya kalau kondisi kita sedang stress, maka dampaknya bisa terasa sampai pada kondisi fisik, misalnya kehilangan selera makan, badan lesu, atau asam lambung meningkat.

Penyakit yang timbul karena terlalu banyak pikiran seperti ini biasanya memerlukan semacam terapi untuk penyembuhannya. Jadi obat dokter saja tidak cukup, yang terpenting adalah segera mencari penyelesaian dari pokok permasalahan yang dihadapi.

Pernah salah seorang teman saya mengeluhkan penyakit aneh yang sudah diobati berkali-kali bahkan berbagai metode pengobatan sudah dicoba tetapi masih belum membuahkan hasil. Saat penyakitnya bertambah parah, dia mengeluhkan kalau perasaan cemas yang teramat sangat dan rasa pusing yang tidak dapat disembuhkan oleh obat. 

Ternyata memang obat dokter bukanlah penyembuhnya, setelah dia pindah tempat tinggal dan berada di lingkungan baru, penyakitnya tersebut berangsur-angsur sembuh. Dengan lingkungan yang baru mungkin pikirannya menjadi fresh, sehingga dampaknya juga terasa pada kondisi fisiknya yang semakin bugar.