Tanda-Tanda TV Rusak CRT [Tabung Rusak]


Advertisement


Tanda-Tanda TV Rusak CRT [Tabung Rusak] - Kalau mendapat servisan TV yang rusaknya parah, biasanya saya mengambil keputusan untuk mengganti mesin TV lama dengan mesin baru (mesin TV Cina). Saya rasa begitu juga yang dilakukan oleh kebanyakan tukang servis TV, tapi kalau menjumpai TV yang rusak tabungnya, itu yang bikin pusing.

Alasannya mau beli tabung mahal, memang benar kalau beli tabung TV atau CRT TV selain mahal juga belum tentu ada. Kecuali kalau beli second-hand. Tapi sebenarnya kalau CRT rusak masih bisa di akalin kog, yaitu dengan memasang CRT monitor sebagai gantinya.

Harga CRT monitor second-hand relatif murah dan mudah didapat, cuma diperlukan sedikit modifikasi sebelum tabung monitor ini dapat digunakan sebagai tabung TV. Caranya yaitu modif pada bagian DY (Defleksi Yoke), bagi anda para teknisi pasti sudah ahli masalah yang beginian.

Ok, itu tadi sekedar pembuka tentang pembahasan kita hari ini yaitu masalah CRT TV yang mengalami kerusakan. Kebetulan sudah dua hari ini saya mendapat pasien yang lumayan bikin pusing kepala, tadi ada satu lagi yang rusak CRT, tanda-tandanya yaitu ada bunyi di dalam TV, seperti suara FBT bocor.

Ternyata FBTnya tidak masalah, yang bermasalah adalah pada CRT dekat kop-FBT yang terbuat dari karet. Bagian tersebut sudah aus, sehingga tegangan dari anoda flyback menyembur keluar. Saya sudah membersihkannya sampai mengolesinya dengan lem anti-bocor, tapi masih tidak mampu menahan semburan tegangan dari FBT. Akhirnya saya simpulkan bahwa CRT tersebut memang sudah tidak layak pakai.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

y said...

lem tidak bisa menahan semburan tegangan 25 Kv dari FBT karna CRT trbuat Glass/kaca sdangkan kop FBT dari karet Jika dikasaih Lem tidak akan merekatkan kedua jenis benda tsb (karet X kaca } saya biasanya jika terjadi hal tsb adala saya cat kira 5 - 8 cm kliling lubang anoda tsb . jika cat sudah kering pasang karet KOP fbt tsb. ( Jangan gunakan cat metalick atau croom

cak Ridwan said...

terus kita pake cat apa...?
Cat kayu bisa gak....?

Mulya Doa said...

klw lyr redup meski kontras ful ap msih bsa di akali

Post a Comment