Socket Keyboard Laptop Mudah Rusak


Advertisement


Pengalaman ini sebenarnya sudah lama saya alami, saya tidak tau kalau ternyata socket keyboard laptop mudah rusak. Waktu itu saya masih bekerja di pabrik, dan ada pelanggan yang membawa laptop Dell untuk diperbaiki.

Karena semua teman saya menolak untuk memperbaiki laptop dengan alasan susah membuka covernya, maka sayalah yang ketiban kewajiban untuk menanganinya. Karena selain saya yang paling lama bekerja, saya juga merupakan teknisi gadungan yang siap untuk dijadikan bahan ujicoba.

Memang dulu waktu pertama sekali service laptop saya sempat mempunyai pengalaman buruk sehingga untuk kedepannya akan saya usahakan lebih berhati-hati. Dan ternyata laptop Dell yang akan saya perbaiki itupun akan mengalami nasib serupa.

Ceritanya laptop itu rusak mati total, kemudian saya berencana untuk membukanya. Hal yang paling merepotkan adalah ketika harus membuka cover notebook, karena komponen yang begitu kecil dan memiliki resiko rusak yang tinggi.

Dan benar saja, waktu saya membuka keyboardnya, agak menemui kesulitan untuk melepas socket keyboard yang terbuat dari plastik. Karena ruang gerak yang sempit, maka akhirnya membuat socket plastik itu terkoyak.

Setelah berhasil dibuka, kerusakan mati total sudah berhasil saya temukan penyebabnya yaitu karena port adaptor yang rusak. Dan dapat diperbaiki dengan mencabut port yang sama dari motherboard lain. Masalah lain yang timbul adalah socket keyboard yang rusak karena kecerobohan saya tadi.

Jadi akhirnya satu masalah selesai, maka saya harus memperbaiki masalah kedua dan malah tergolong lebih rumit karena menemukan socket yang sama bukanlah mudah. Kalaupun harus beli, harganya sangat mahal. Akhirnya saya memutuskan untuk mengambil dulu laptop milik customer yang sudah lama belum juga diambil. Saya ambil socket keyboardnya, kalau suatu saat si pemilik menanyakan maka harus ada penjelasan lain untuk membuat dia mengerti.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment