Service TV Digitec 17 inch Gambar Bergaris Tengah


Advertisement
Sebenarnya sudah dari kemarin saya mau menuliskan kerusakan TV Digitec ini, tapi karena kesibukan yang teramat sangat, maka baru sekarang dapat posting tentang Service TV Digitec 17 inch Gambar Bergaris Tengah yang saya kira tadinya hanya masalah open solder.

Tapi setelah TV saya buka, ternyata kondisi PCB dan bagian-bagian TV lain sudah tidak utuh. Maksudnya mesin TVnya sudah pernah di repair dan di modifikasi dengan mesin lain. Tentu saja hal ini semakin merumitkan keadaan, belum lagi TV Digitec ini modelnya sudah tua, mungkin sudah berumur sekitar ratusan tahun :D

Tidak mau berlama-lama karena pasien masih banyak, saya segera mengambil langkah pintas yaitu melakukan analisa pada point utama! Gambar yang terlihat pada layar TV hanya berupa garis horizontal yang ada di tengah layar.

Diduga kuat bagian blok vertikal yang mengalami masalah, dan saya teliti secara fisik tidak ada kerusakan. Saya pegang IC vertikal TDA3653B ternyata IC tersebut dalam kondisi dingin meskipun TV sudah menyala cukup lama. Bisa ditebak kalau IC tersebut tidak bekerja, atau bahkan sudah mati.

Service TV Digitec 17 inch Gambar Bergaris Tengah

Kemudian saya memutuskan untuk membeli IC baru, yaitu IC TDA3653B yang merupakan IC vertical. Dengan harganya 8500 ribu, tidak terlalu mahal untuk ukuran komponen televisi. Segera IC saya pasang dan ternyata TV Digitec yang tadinya hanya ada gambar garis di tengah layar, kini sudah menyala normal.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment