Penyebab Televisi Sharp 14 inch Tidak Ada Gambar


Advertisement


Hari ini saya mendapat kerusakan televisi Sharp 14 inch tidak ada gambar, tepatnya pada saat TV dinyalakan, hanya terdapat suara dari loudspeaker yang keluar, sedangkan gambar dilayar TV sama-sekali tidak muncul. Awalnya saya kira kerusakan tersebut karena lamanya umur dari TV Sharp yang modelnya tergolong sudah tua.

Ternyata setelah mendapat penjelasan dari yang punya TV, kerusakannya disebabkan karena sesuatu yang korslet sehingga menyebabkan salah satu komponen TV terbakar. Sebelum dibawa ketempat saya, sebelumnya si pemiliki TV punya inisiatif untuk memperbaiki sendiri TVnya yang rusak, waktu itu rusaknya cuma tidak ada warna biru, jadi tampilan gambar pada layar warnanya menjadi kekuningan.

Mungkin karena si pemilik televisi tidak terbiasa membuka rangkaian TV, menjadikan TV bukannya bertambah baik tapi malah rusak semakin parah. Nah, akhirnya dia-pun menyerah dan memberikannya kepada saya. Setelah saya teliti, ternyata yang menyebabkan televisi tidak mengeluarkan gambar karena pada jalur heater yang menuju ke CRT tidak mengeluarkan tegangan.

Tentu saja TV akan rusak, karena kalau heater tidak ada tegangan berarti filamen CRT tidak menyala. Yang menjadi pertanyaan kenapa sampai tegangan heater tidak keluar? Dan setelah saya urut ternyata hal tersebut disebabkan oleh resistor pada jalur heater putus. Resistor tersebut nilainya 2.2 ohm/ 2 watt.

Segera saya mencari resistor dengan nilai yang sama, setelah resistor diganti maka televisi-pun sudah kembali bekerja dengan normal. Untuk mengantisipasi kerusakan lain, saya tetap melakukan penelitian pada tiap blok rangkaian sambil melakukan penyolderan ulang.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment