Pengertian TV Tuner


Advertisement


Yang dimaksud pengertian TV tuner disini adalah TV tuner pada perangkat komputer, jadi bukan TV tuner pada pesawat televisi CRT. Definisi TV tuner adalah sebuah perangkat elektronika yang berfungsi sebagai penangkap siaran televisi (receiver) yang kemudian siaran televisi tersebut akan ditampilkan pada layar monitor komputer.

Jenis-jenis TV tuner sendiri ada beberapa macam, ada yang berupa tuner box yang biasa disebut dengan TV combo, ada yang berbentuk card yang harus dipasang pada motherboard PC, sampai yang berukuran mini biasanya digunakan pada notebook.

TV tuner yang berupa combo box hanya memerlukan sebuah monitor untuk dapat digunakan, karena sinyal keluaran dari TV tuner ini berupa sinyal VGA yang dapat langsung dihubungkan dengan monitor komputer.

Pada TV tuner yang berupa tuner card harus dipasang pada motherboard dan akan dapat bekerja setelah software driver terinstal pada PC. Tuner jenis ini dapat digunakan untuk berbagai fungsi misalnya merekam video siaran TV (video capture).

Sedangkan TV tuner mini yang biasa dipakai pada notebook adalah sebuah perangkat portable yang dihubungkan melalui port USB. Tuner jenis ini adalah perangkat multi-fungsi yang paling praktis di antara TV tuner lainnya.

Demikian tadi penjelasan tentang pengertian TV tuner, untuk pembahasan TV tuner pada pesawat televisi CRT, akan kita bahas pada lain kesempatan.

Advertisement

{ 3 Comments... read them below or add one }

Sukadi said...

Saya juga pakai TV Turner, Mas.. buat nonton TV di monitor komputer yang sekarag nganggur hehe

Terimakasih

Ferdinand said...

Tul.. betul... betul... klo tuner yg bener sih yg dipasang di Slot Motherboard, tapi kayanya jarang deh sob yg rajin2 masang tuner yg itu, abis malah sering orang2 pada make Tuner yg combo itu hhe... :D

Dwi Jo said...

@ Sukadi: Yang combo box ya mas, memang praktis dan cukup kecil untuk dibawa kemana-mana.

@ Ferdinand: Iya sob, selain harganya mahal juga belum tentu dapat berfungsi. Dulu saya pernah beli tuner card trus dipasang di PC ternyata tidak kompatibel.

mending pake yang tuner combo lebih murah juga, hehe.

Post a Comment