Pengertian Asam Klorida


Advertisement


Apakah teman-teman sedang mencari pembahasan tentang pengertian asam klorida? Disini mari kita ulas seputar apa itu definisi asam klorida. Asam klorida adalah zat atau larutan yang sangat korosif, yang merupakan sejenis asam kuat dari gas hidrogen klorida (HCI). Cairan zat asam klorida hampir mirip dengan zat asam yang terdapat dalam lambung, karena asam klorida sangat mudah merusak zat lain, maka dalam penyimpanannya memerlukan penanganan yang teliti.

Asam klorida memiliki peranan penting dalam bidang industri karena banyak digunakan untuk membuat zat atau senyawa-senyawa lain. Lalu bagaimana cara pembuatan asam klorida sendiri? Zat ini dibuat dengan cara melarutkan hidrogen klorida kedalam air.

Kalau didalam tubuh kita, asam klorida terdapat dalam organ lambung, disini fungsi asam klorida adalah melarutkan atau mencerna makanan sehingga dapat diserap oleh tubuh kita. Tapi mengapa dinding lambung sendiri tidak mengalami kerusakan akibat asam klorida? Hal ini karena dalam dinding lambung terdapat lapisan yang bernama mukosa, yang melindungi dinding lambung dari korosi asam. Apabila lapisan mukosa gagal bekerja, maka akan dapat menyebabkan sakit nyeri lambung yang sering kita sebut dengan sakit maag.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment