Parameter Kesehatan Lingkungan


Advertisement
Artikel ini akan membahas seputar parameter kesehatan lingkungan dan dampak dari beberapa kegiatan yang memiliki resiko terhadap kesehatan lingkungan hidup.

Menurut Keputusan Kepala Badan Pengendalian Dampak Lingkungan Nomor : 17 Tahun 2001 Tanggal 22 Mei 2001 tentang Jenis rencana usaha dan/atau kegiatan yang wajib dilengkapi dengan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan Hidup, beberapa kegiatan yang dapat menimbulkan dampak bagi kesehatan lingkungan antara lain:

1. Dalam bidang kesehatan
Adanya dampak radioaktif yang ditimbulkan dari pembangunan rumah sakit kelas A dan B atau yang setara, dampak lain yang ditimbulkan adalah berupa penularan penyakit.

2. Dalam bidang perindustrian
Dampak merkuri (Hg) yang ditimbulkan oleh industri baterai kering, hal ini penting untuk diperhatikan karena Hg masuk dalam kategori H3 yang berdampak timbulnya efek mutagenik, teratogenik, dan karsinogenik terhadap manusia.

3. Dalam bidang prasarana wilayah
Resiko timbulnya pencemaran lingkungan berupa gas beracun, bau tidak sedap, serta pencemaran udara akibat dari pembangunan tempat pembuangan sampah dengan sistem control langfill/sanitary landfill (diluar b3).

4. Dalam energi dan sumber daya mineral
Resiko timbulnya limbah B3 dari lumpur pengeboran, potensi ledakan, pencemaran air dan udara yang disebabkan oleh eksplorasi migas dan pengembangan produksi dilaut/ perairan.

5. Dalam bidang pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun (B3)
Timbulnya dampak negatif kesehatan lingkungan maupun kesehatan manusia akibat dari pengumpulan, pemanfaatan, pengolahan dan/atau penimbunan limbah B3.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment