Kerusakan TV Sharp Gambar Gelap


Advertisement


Kemarin saya berniat mau posting tentang kerusakan TV, sebelum akhirnya malah saya ganti topik dengan cara mengatasi power amplifier suara mendengung. Jadi hari ini saya lanjutkan untuk menulis tentang kerusakan TV Sharp gambar gelap, selain tampilan gambar di layar yang hanya remang-remang, TV Sharp ini juga bagian control button-nya sudah tidak berfungsi dengan benar. Model TVnya adalah Sharp X-pression 14 inch.

Jadi ketika kita sedang nonton siaran TV dan ingin mengganti channel atau mengatur volume, fungsi dari button menu jadi mengacak, yang harusnya volume berubah menjadi pengatur channel, begitu juga sebaliknya. Tentu saja hal ini sangat merepotkan, apalagi TV tersebut sudah tidak dilengkapi dengan remote control.

Yang pertama saya lakukan adalah memperbaiki dulu gambar TV yang gelap, yaitu dengan melakukan solder ulang pada semua bagian papan PCB. Dan ternyata masalahnya cuma sepele, beberapa solderan pada bagian soket video board mengalami retak/ pecah. Setelah saya perbaiki ternyata gambar sudah tidak gelap lagi.

Satu masalah selesai, saatnya memperbaiki masalah kedua yaitu button menu yang tidak berfungsi dengan benar. Untuk mengatasi hal ini saya harus mengganti button menu dengan yang baru. Yang rusak ada 3 button, jadi saya hanya perlu mencabut button dari PCB yang lain, karena ditempat saya banyak tersedia PCB TV tidak terpakai dari berbagai merek.

Setelah button selesai dipasang, kini kondisi TV sudah benar-benar normal dan siap dipakai. Selanjutnya yang perlu dilakukan adalah melakukan burn-in (pemanasan), dengan cara menghidupkannya dalam jangka waktu tertentu sampai dirasa cukup. Kalau sudah tidak ada masalah, maka tinggal menunggu si pemilik TV mengambilnya.

Ternyata kerusakan TV Sharp kali ini tidak serumit dengan TV Sharp yang saya perbaiki beberapa waktu lalu yang pernah saya tulis dalam postingan Service TV Sharp Mati (Lampu Indikator Menyala Stand By).

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment