Kerusakan Power Amplifier Suara Mendengung


Advertisement


Hari ini sama sekali tidak sempat untuk menjenguk blog, hingga sekarang pukul 5.30 sore, masih banyak pekerjaan yang belum beres. Sudah semingggu ini barang yang harus saya kerjakan lumayan banyak, setelah tadi siang belanja semua keperluan dan komponen yang rusak dan menunggu ganti, sore ini sampai nanti malam saatnya menyelesaikan semuanya.

Sebenarnya niat saya tadi mau menulis seputar TV yang rusak dengan gambar garis vertikal, tapi barusan malah ada orang datang minta dibenerin amplifier sekaligus radionya. Akhirnya tulisan saya ini-pun saya ganti topik dengan masalah kerusakan amplifier yang suaranya berdengung.

Kalau memperbaiki power amplifier sebenarnya tidak terlalu rumit, karena kebanyakan amplifier yang dijual sekarang merupakan hasil rakitan yang mudah sekali untuk mengetahui tiap blok/ bagiannya. Jadi bukan barang bikinan pabrik, kalau barang keluaran pabrik lumayan membuat pusing kalau kebetulan komponen yang rusak tidak tersedia suku cadangnya.

Amplifier yang saya perbaiki ini merupakan hasil rakitan yang bisa sekaligus digunakan sebagai radio tuner maupun power amplifier untuk keperluan lain seperti untuk CD player. Permasalahannya terletak pada suaranya yang berdengung atau mendengung.

Kalau ada suara mendengung biasanya akibat dari tegangan tidak mencukupi atau kadang struktur grounding yang kurang bagus. Yang saya lakukan untuk mengatasi suara mendengung ini adalah memeriksa bagian tone-control sampai bagian power, setiap tegangan keluaran yang mencurigakan segera di ukur.

Ternyata saat saya pegang bagian blok tuner, suara dengung semakin keras, maka dapat dipastikan bagian tersebut belum mendapat grounding. Saya solder body tuner dengan ground tone-control dan power amplifier, ternyata suara speaker sudah normal dan jernih.

Advertisement

{ 19 Comments... read them below or add one }

Selang Village said...

manteb wes ... servisan banyak...

Anonymous said...

mas mau tanya ampli rakitanku tdnya gak ada dengung,tp ketika sy ganti trafo terpisah jd dengung ya,trafo yg skrg 2 trafo linier 6A 26v digabung jadi ct,buat tone control pake 1a 18v filter 7818 dan tip2955 ada solusi mas

Dwi said...

@ Anonymous: dengung biasanya disebabkan karena tegangan DC yang kurang bersih, kalau untuk power supply bisa dicoba besarin elconya, (micronya).

atau grounding yang tidak bagus juga dapat menyebabkan dengung.

Yusuf Kalfuadi said...

Mas,, klo PA output suara ny terkadang ad terkadang tidak knp ya? Jd stelah pemakaian krng lbh 1jam suara tiba2 mengecil bhkan hilang, tp sesaat kmudian suara membesar sendiri. Unt speakerny sdh d cb d PA lain&nrmal. Trims.

Dwi said...

@ Yusuf Kalfuadi: PAnya pakai IC apa transistor mas? kemungkinan itu transistornya bocor dikit, coba dilepas trus di ukur satu2 pakai multimeter dech.

Eziell Wardan El-Zaky said...

Lam kenal semuanya. Oya.. Mau nanya niech, yang di maksud grounding jelek dan grounding baik itu gimana? Soalnya walau sambungan menurut saya baik tapi kenapa hasilnya kok masih belum jernih alias masih ada dengung?

Dwi said...

@ Eziell Wardan El-Zaky: salam kenal mas. maksud saya grounding yang bagus itu setiap blok rangkaian dari mulai pre-amp, tone-control, sampai power mendapat grounding dan terhubung dengan body casing. Juga peletakan trafo biasanya berpengaruh, sebaiknya letak trafo dijauhkan dari pre-amp atau tuner.

Penyebab dengung sendiri ada banyak, bisa karena tegangan tidak stabil, tidak mencukupi, atau karena memang kualitas komponen amplinya yg jelek.

Putra memel said...

Lam kenal Mas..
Saya minta solusi.,
knapa ych stelah speaker aktif konselet mati total trus berdengung dan gember tapi suara musik Ada.,
minta solusinya ya mas

Dwi said...

@ Putra memel: kalau habis mati trus ganti komponen memang biasanya masih suka ada yg mati atau bocor mas, coba di ukur lagi biasanya ada transistor yg masih bocor.

tergantung jg speaker aktifnya makai tipe amplifier apa.

karsi said...

makasih atas jawaban2 nya. .dan makasih udah mau ber bagi ilmu. .hehe

Anonymous said...

mas saya merakit fm radio 12 volt saya pasang di amplifier kesayangan saya , tetapi suaranya sedikit mendengung dan nada bass terlalu tinggi padahal pada amplifier suara bas diputar paling terendah , apakah penyebabnya dan tuner saya yang perlu diperbaiki apanya trimkasi?

Romlys said...

Assalamualaikum...,
Saya berencana mengganti mesin ampli TV saya dengan ampli yang wattnya lebih besar, saya menggunakan IC TDA2040 yang low noises. adakah supply voltase yang sudah tersedia pada rangkaian regulator/powersuply nya diatas 20V ?
Saya menngunakan mesin TV China. mesin asli sudah rusak...

Budi Hartono said...

Assalamualaikum...,
mas saya mau menanyakan, saya pakai power dengan trafo 10A 2 buah, dan pakai mixer tapi suaranya dengung dan suaranya menjadi pecah. solusinya apa? Tksh.

irvan hendrawan said...

Assalamualaikum ..saya minta bantuanya .saya ngerakit ampli tda 2004 masih dengung , tapi ketika d pegang groundnya dengungnya ga ada, knpa ya ..minta bantuannya soalnya ini tugas dri sekolah...

agung tole said...

maz mau tanya, ampli sayabaru dinyalain kemeresek terus langsung suaranya mengecil dan hilang, jd knp tu maz,,, thankzz

MUH. HAJIR AKIB said...

LAM KENAL ALL. MAU NANYA JUGA NIH, SAYA BIASA LIAT ELCO DIPASANG DI BELAKNG, SPEAKER.! ITU PUNGSINYA APA YACH.??

Ocha Panca said...

Mas numpang tanya...yg mas jelaskan d atas.. persis bgt sperti power apli punya saya...dan yg sy pngn tanya..body tuner n ground tone itu sperti ap y n d soldernya yg bgian mna.... mksh mas

Ocha Panca said...

Permisi mas mau tanya...yg dimaksud disolder itu yg seperti ap y bentuknya.apa dr body ampli ke masa atau ap y...body tuner n ground tone itu sperti ap...mksh y mas.

Wildan wardiana said...

Mas saya coba bikin amplifier tda 2004 stereo sendiri ternyata suaranya yang sebelah kecil saya udah coba puter puter di balance nya tetep aja gk brubah.. Gimana caranya biar suara nya seimbang.. Mohon bntuannya...

Post a Comment