Handphone Rusak Blank Putih Pada Layar LCD


Advertisement
Ternyata untuk memperbaiki kerusakan handphone tidak harus di bawa ke kaunter HP. Contohnya seperti yang pernah saya alami, gejala kerusakannya adalah handphone rusak blank putih pada layar LCD-nya. Bahkan sudah dua kali saya menemui kerusakan sejenis, dua-duanya adalah handphone milik orang yang minta tolong untuk saya perbaiki.

Awalnya saya kira kerusakan blank pada LCD handphone tersebut adalah karena software yang bermasalah. Kalau memang begitu, ya harus dibawa ke teknisi handphone, karena diperlukan keahlian khusus untuk memperbaiki kerusakannya.

Waktu itu saya sarankan kepada yang punya handphone untuk membawa HP-nya ke teknisi yang masih sahabat saya sendiri. Tapi kemudian saya iseng untuk mengganti kartu nomor telefon dan melepas baterainya. Ternyata setelah dipasang kembali dengan menggunakan kartu punya saya, HP tersebut dapat menyala normal.

Jadi dapat disimpulkan kalau yang mengalami kerusakan adalah pada chip kartu nomor telefon tersebut, kemudian saya sarankan untuk membeli nomor telefon baru sebagai gantinya. Handphone yang kartu telefonnya  rusak tersebut adalah Nokia dengan layar monokrom.

Itulah sedikit pengalaman tentang memperbaiki sendiri kerusakan handphone, lain kali saya akan posting kembali masalah kerusakan HP yang dapat kita selesaikan sendiri tanpa perlu membawanya ke teknisi HP.

Advertisement

{ 17 Comments... read them below or add one }

Anonymous said...

wawww
kpn2 boleh coba tuh

warman deny said...

iya gan terbukti...hp saya nokia C3 tiba-tiba layarnya jadi putih..udah cemas sih..dibawa ke counter katanya LCDnya rusak atau HPnya di Flash..pdhal uang didompet kosong..bgmna mau service (uang aja ngak ada)

cari di interner gimana servicenya..alhamdulilah ketemu situs agan..makasih banyak gan..thanks

Wahyu N. H. said...

kalo hp samsung galaxy core lcd nya sebagain 80% rusak (hitam dan putih) apakah masih bisa diganti ?
mohon bantuan jawabanya, , ,
terima kasih

alan karfaten said...

sorry saya punya tambahan tips memperbaiki hp nokia tidak bisa startup atau hang blank putih
hp nokia tidak mau hidup atau hanya muncul tulisan NOKIA saja pada ponsel.

alhamdulilah beginilah kalau jiwa symbianer biggrin tidak pernah menyerah dan selalu mencari segala kemungkinan dari setiap masalah yang terjadi..curhat dikit sob kemarin-kemarin HP NOKIA N70 ane cuma ada tampilan/tulisan NOKIA doang setelah tekan tombol on/off.Bingung ane dibuat nya,mulai deh ane mencari-cari penyebab hp hang,blank putih hanya ada tulisan nokia atau tidak bisa startup tanpa harus pergi ketempat service hp terus di flash.Awal pencarian sih tidak berhasil udah mulai putus asa tu,disaat hanya iseng mencari tips memperbaiki hp hang atau tidak bisa startup,akhir dapat juga cara format 3 jari yang cocok buat bisa hidup ni Hp nokia jadul ku mrgreen

Ok sob dari pengalaman ane tersebut mungkin sobat butuh tips memperbaiki hp hang,blank putih hanya ada tulisan nokia saja atau istilah kerennya tidak bisa startup berikut cara yang ane pakai saat memperbaiki HP NOKIA N70 jadul ku yang hang dengan format 3 jari..
- sobat harus tau penyebab hp blank itu berbeda-beda pastinya,ada yang karena salah dalam menghapus file atau folder di disk C,ganti font atau sehabis instal aplikasi.
- jika penyebabnya masalahnya karena sobat instal aplikasi maka sobat cukup buka kartu MMC nya,nyalakan hp tanpa MMC selesaikan tu masalah dengan aplikasi tersebut.
- nah mungkin hp hang karena salah hapus file di disk C atau karena masalah font dan terpaksa harus di format ulang ini hp dengan format hp 3 jari / hard reset yang ane gunakan.Caranya mudah ko tp lepas dulu kartu MMC nya,sobat hanya menekan
tombol "call" buat angkat panggilan
tombol angka 3
tombol bintang (*)
secara bersamaan kemudian nyalakan Hp tanpa melepas ketiga tombol tersebut sampai tulisan "nokia" berkedip kemudian blank lepas dah..Selesai dah Hp nokia ku sembuh biggrin
tapi ada juga yang baru melepas format 3 jari tersebut pas ada gambar jabat tangan..

Ok sob semoga bermanfaat..

Koko andika said...

kalok,, blank putih,, trus gak bisa nerima panggilan apanya,, mas,,,
tolong yahh ksi tau

Dwi said...

@ Koko andika: itu bisa jadi software-nya mas, dulu teman saya pernah gitu solusinya di flash

Dwi said...

@ alan karfaten: wah terimakasih untuk tipsnya mas.
pengalaman yang amat berharga,,

joy muhammadun said...

layar pnya ane putih tp bsa mnerima sms n tlfon, trus kadang2 normal lg... pa dr krtunya jg y gan?? hp ane nokia c3... tk cobake dr krtune... mkash infonya sob.... :)

joy muhammadun said...

g brhasil sob.... saat ane pke buka w.a lyarnya lgsung putih... mungkin kbanyakan aplikasi hp gua

Anonymous said...

Emg bisa gan

Anonymous said...

boleh ya gan ane coba2 triknya thank's ya

Anonymous said...

yah hape gue ngga bisa nih :(
gue udah coba tips 3 jari itu
ada yang lain ngga??

Anonymous said...

Gan klo hp china kyk gimana"? Soalnya temen ane punya hp advan vandroid s5.? Tapi rusak layarnya jadi putih.

Anonymous said...

gan hp ane bb onyx nih, lampu lcd mati tapi masih bsa kelihatan 10% , tapi smuanya normal suara masih bsa lampu led masih nyala kalau ada sms, kira2 itu kerusakan apa ya?

Dwi said...

@ Anonymous: kemungkinan rusak pada bagian LCD. kalau semua masih normal berarti tinggal ganti lcd / lampunya saja

Anonymous said...

@semmy:gan tolong jwb an nya ea ..
Hp saya Nge HANG Ngga Bisa Mati sendiri
dan hp nya hidup trus dan meghabis kan batrai nya tips
nya gmana gan tolong bantu an nya....??!><

Dwi said...

@ Anonymous: nggak bisa mati maksudnya ketika tombol on/off ditekan gk fungsi ya gan? tinggal cabut aja baterainya gan, nanti jg mati :v

kalau nge-hang mungkin perlu did flash gan

Post a Comment