Gejala TV Rusak FlyBack [FBT Bunyi]


Advertisement


Kerusakan TV yang saya dapatkan hari ini lumayan agak rumit, itu juga sebabnya aktifitas blogging sempat terhenti akhir-akhir ini. Selain ngeblog, sekarang saya lagi banyak pasien seperti TV, komputer, sampai setrika listrik juga ada :D

Belum lagi rencana pembuatan proposal untuk pembangunan jalan dan gedung PAUD, yah saya hidup dikampung jadi harus mulai berlatih untuk bermasyarakat. Banyak rapat dan ngumpul-ngumpul, jadinya porsi online berkurang drastis.

Ok, kali ini saya cuma mau menuliskan hasil memperbaiki TV yang lumayan susah, TVnya merek Cina, dengan mesin sama dengan yang dijual dipasaran. Kerusakan TV ini kalau dihidupkan gambar normal, tapi mengeluarkan bunyi keras seperti petasan, tentu saja yang punya TV jadi takut :D

Awalnya saya curiga dengan bagian FBT, karena kerusakan seperti ini sering terjadi di bagian FlyBacknya. Tapi fly back sudah diganti masih juga belum menemukan titik terang. Saya lihat dari fisiknya, semua komponen dalam keadaan normal.

Saya ukur tegangan, semua normal. Kemudian saya analisa, kemungkinan lain mengapa fly back bunyi adalah karena tegangan keluarannya terlalu tinggi, jadi seperti overload gitu. Dan langkah selanjutnya saya coba trim/ adjust VR B+ yang didekat ACmatic, eh ternyata bunyi dari TV sudah tidak keluar lagi. Dengan demikian kerusakan TV bunyi yang tadinya saya kira gejala TV rusak flyback ini ternyata hanya perlu diturunkan sedikit tegangan B+nya.

Advertisement

{ 5 Comments... read them below or add one }

Rusydi Umar said...

Pak saya punya tv dengan gejala yang sama, merk Sansui 21 inch. Kadang2 TV berbunyi kayak petasan/konslet. Bunyi ini jarang terjadi, kira-kira 3-4 jam setelah tv hidup. Kadang baru setengah jam sudah bunyi.

Bila tv bunyi "cetak" gambar dan suara tidak terpengaruh, TV tetap berjalan normal,

Apakah ini juga karena B+ yang ketinggian? bagaimana cara menurunkannya?

Dwi said...

@ Rusydi Umar: Pak Rusydi, kemungkinan tv rusak seperti itu memang kapasitor flybacknya yang bermasalah. kalau masih ada flyback yang sejenis, akan lebih baik jika diganti flybacknya.

namun sebagai alternatif, bisa dicoba membersihkan kop flyback (karet bulat hitam yg menempel di tabung),, dan kemudian menurunkan tegangan B+. caranya trimpot B+ yang ada di power suppy di putar, sambil tegangan B+ yg di kaki flybacknya di ukur.

Anonymous said...

kira2 berapa harga ngebenerinnya gan klo di bawa ke dokter???

Anonymous said...

tv saya sanken 21" awal2nya tv normal.setelah di matiin lewat remot.kemudian di start lg ga bisa nyala pake tombol jg ga mau nyala.kira2 apanya yg rusak? setelah saya panggil tukang servis katanya flyback nya rusak. apakah benar flybacknya atau cuma akal2 tukang servis aja supaya bayaranya gede.soalnya tadinya normal.cuma di matiin lewat remot trus di start ga bisa lg.

teuku rizky said...

mas, mau nanya,
TV SONY KV-2964MT saya kok gag bisa nyala ya? klo dicolok ke listrik ada bunyi "nging..." gitu.
kira2 diagnosa penyakitnya apa ya? nuwun

Post a Comment