Contoh-Contoh Listrik Statis


Advertisement


Sebelumnya sudah dibahas tentang Pengertian Listrik Statis, dan kali ini kita akan melanjutkannya dengan topik sejenis, yaitu tentang contoh-contoh listrik statis dalam kehidupan sehari-hari. Fenomena listrik statis ini kadang terjadi tanpa kita sadari, misalnya ketika kita sedang menyisir rambut. Kadang rambut yang disisir akan bergerak mengikuti arah sisir, hal ini menandakan adanya interaksi antara rambut dengan sisir tersebut.

Contoh Listrik Statis

Contoh lain dari gejala listrik statis dapat dilihat pada percobaan sebuah mistar/ penggaris dengan serpihan kertas. Pertama, penggaris digosok-gosokkan pada kain sutera, kemudian penggaris tersebut kita dekatkan pada serpihan-serpihan kertas, maka kertas tersebut akan ikut tertarik ke arah penggaris. Hal ini menunjukkan adanya muatan listrik antara penggaris dengan serpihan kertas tersebut.

Itu tadi hanya contoh sederhana dari adanya listrik statis, dalam penerapan lebih lanjut listrik statis juga berguna bagi kehidupan kita. Misalnya penerapan listrik statis pada mesin foto kopi, dimana aliran listriknya menggunakan prinsip kerja listrik statis.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment