Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Selalu Error


Advertisement


Cara memperbaiki flashdisk yang selalu eror kalau di simpan data atau kerusakan flashdisk yang kalau dipasang pada PC akan menampilkan pesan USB device not recognized dapat dilakukan dengan melakukan langkah-langkah sederhana seperti dibawah. Kalau kita punya flasdisk yang sudah terlanjur digunakan untuk menyimpan data-data penting, jika mengalami kerusakan tentu saja sangat membuat pusing.

Bukan tidak mu membeli yang baru, tapi data didalamnya yang sudah tidak bisa didapatkan lagi dan terlanjur disimpan dalam flashdisk itu. Lalu bagaimanakah cara mengatasi flashdisk error seperti ini? Sebenarnya hal yang membuat flashdisk tersebut tidak bekerja dengan semestinya adalah karena terjadi kebocoran tegangan atau tegangan yang seharusnya men-supply tidak sampai ke flashdisk.

Untuk langkah awal, coba buka cover flashdisk dan lakukan pengukuran tegangan pada jalur PCB biasanya akan masuk ke resistor sebelum masuk IC chip. Kadang komponen seperti resistor mengalami kerusakan, atau mungkin karena seringnya di pasang-cabut, soket USB flashdisk sendiri yang rusak. Kalau semua tegangan masih normal, kemungkinan flashdisk memang sudah rusak permanen. Atau port USB pada komputer yang mengalami kerusakan, untuk mempelajarinya anda dapat membaca tulisan terdahulu tentang USB Port Rusak/Not Recognized?

Sedangkan untuk mengatasi flashdisk yang selalu error kalau di simpan data adalah dengan melakukan format ulang. Coba lakukan quick format, dan test dengan melakukan pengisian data. Kalau masih sama, bisa dilakukan perbaikan dengan bantuan software recovery, kalau masih sama saja, berarti flashdisk memang sudah mengalami bad sektor dan tidak dapat tertolong lagi.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

Sukadi said...

Sampai sekarang flashdisk saya masih baik-baik saja, mas.. dulu sempat terendam air cucian, tapi untungnya tidak error.. :)

Post a Comment