Struktur Primer Batuan


Advertisement
Apakah pengertian struktur primer batuan? Struktur primer adalah struktur yang terbentuk bersamaan dengan suatu batuan terbentuk, struktur primer batuan dijadikan sebagai patokan untuk mengukur umur/ arah muda dalam setiap lapisan batuan. Lalu kapan struktur primer ini dapat terjadi? Struktur primer akan terjadi bersamaan dengan terbentuknya batuan sedimen atau batuan beku.

Saat terjadi pergerakan magma yang memotong atau mengisi suatu batuan maka akan terbentuk pula jenis batuan beku. Sedangkan pada batuan sedimen proses terbentuknya karena adanya pengendapan sedimentasi. Kemudian apa saja contoh struktur primer batuan seperti yang sudah djelaskan diatas? Berikut beberapa contoh struktur primer pada batuan:

1. Cross bedding, yaitu struktur primer yang membentuk struktur penyilangan dari suatu lapisan batuan dengan lapisan batuan lainnya. Seringkali struktur seperti ini dikatakan sebagai pemotonngan lapisan batu tua memotong lapisan yang lebih muda.

2. Ripple mark, yaitu struktur primer yang membentuk permukaan bergelombang pada batuan dikarenakan akibat dari adanya pengikiran oleh air atau angin.

3. Graded bedding, yaitu struktur primer sedimen yang menunjukkan adanya perbedaan fragmen atau ukuran yang membentuk suatu lapisan batuan. Perbedaan ukuran ini dapat terjadi karena adanya gaya gravitasi pada saat terbentuknya pengendapan pada batuan tersebut.

4. Load cast, yaitu struktur primer yang terjadi akibat adanya cacat pada permukaan batuan yang terjadi karena adanya gaya grafitasi sehingga permukaan batuan tersebut runtuh oleh batuan di atasnya dan membentuk sebuah lubang.

5. Flute cast, yaitu struktur primer yang terjadi akibat adanya penggerusan oleh angin maupun air sehingga timbul cekungan atau gelombang pada permukaan batuan tersebut.




Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment