Senjata Adat Aceh - Rencong


Advertisement


Kalau ngomongin tentang senjata adat Aceh, saya jadi ingat pada teman baik yang baru saja pulang ke Aceh ikut suaminya yang orang asli sana. Terharu memang, namanya sahabat baik harus berpisah dan saling berjauhan. Tapi ya mau gimana lagi, semua itu sudah ada yang mengatur, semoga suatu saat saya juga dapat main ke Aceh.

Senjata Adat Aceh - Rencong

Ok, kali ini kita akan ngomongin tentang senjata tradisional Aceh yaitu rencong, pastinya sudah banyak yang tau tentang senjata rencong ini. Rencong adalah senjata tajam yang mirip belati tapi bentuknya membengkok, seperti huruf 'L'. Senjata rencong ini menjadi ciri khas adat kebudayaan di Aceh, dulu dimasa perjuangan para pahlawan Aceh mengusir penjajah dengan senjata ini.

Sebenarnya rencong mempunyai banyak jenis/ tingkatan, namun karena keterbatasan pengetahuan saya maka tidak dapat menjelaskannya secara terperinci disini. Sedikit ringkasan yang saya baca dari Wikipedia menerangkan kalau rencong untuk raja atau sultan biasanya sarungnya terbuat dari gading dan mata pisaunya dari emas dan berukirkan sekutip ayat suci dari Alquran. Sedangkan rencong-rencong lainnya biasanya terbuat dari tanduk kerbau ataupun kayu sebagai sarungnya, dan kuningan atau besi putih sebagai belatinya.

Masyarakat Aceh sangat percaya akan kekuatan mistis yang tersimpan dalam senjata rencong, mungkin kalau di Jawa sama dengan senjata keris yang juga sangat kental akan unsur kepercayaan gaib. Senjata rencong sangat populer bagi penduduk Aceh, tak heran kalau kita sering mendengar orang menyebut daerah Aceh dengan istilah 'Tanah Rencong'

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Meutia Halida Khairani said...

hmm, emang iya sih ada yg percaya mistis di rencongnya.
lagian, ukiran ayat suci alquran sekarang udah ga ditemui pada setiap rencong. biasa yg mahal2 baru ada.

Sukadi said...

Aceh punya julukan tanah rencong, betapa rencong sudah sangat melekat dengan Aceh. Dulu waktu masih SD, sering muncul di pelajaran, dan gambar pahlwan dari aceh biasanya menyandang senjata ini.. :)

Terimakasih mas

Post a Comment