Manfaat Daun Sirih Merah


Advertisement
Manfaat daun sirih merah sangat banyak, bahkan tanaman ini sering disebut sebagai tanaman obat multi fungsi karena memiliki bermacam-macam manfaat. Tumbuhan sirih merah sudah dikenal sejak jaman dahulu sebagai tanaman obat, air rebusan sirih merah yang mengandung anti septik dapat menyembuhkan keputihan serta menjaga kesehatan mulut kita.
Daun Sirih Merah

Secara medis, manfaat sirih merah masih belum mendapat pengakuan tertulis. Berbagai khasiat daun sirih merah yang dirasakan oleh masyarakat adalah berdasarkan tradisi turun-temurun dan pemanfaatan secara alamiah. Di daerah Jawa, daun sirih merah banyak dikonsumsi karena dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti keputihan, ambeien, obat kumur, juga penyakit diabetes.

Nah, kalau teman-teman ingin tau lebih banyak tentang khasiat daun sirih merah, berikut ini beberapa resep daun sirih merah sebagai obat yang saya kumpulkan dari internet:

1. Mengobati organ mulut 
Daun sirih segar sebanyak 5 lembar, dicuci dan direbus dengan dua gelas (400 ml) sampai mendidih dan tersisa 1 gelas. Dinginkan, dan pakai untuk obat kumur tiga kali sehari. 

Catatan: Ramuan ini sangat baik untuk mengobati gusi berdarah, sariawan, gigi berlubang, bau mulut, dan radang tenggorokan.

2. Mengobati batuk atau penambah nafsu makan 
Siapkan daun sirih merah yang tidak terlalu tua sebanyak 10 lembar, cuci, kemudian rendam dalam alkohol 70 persen selama 30 menit agar bakteri yang menempel pada daun mati. Daun sirih merah ditambah gula putih 100 gram direbus dengan air 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, tuangkan ke dalam botol yang bersih dan steril. Ramuan ini bisa diminum tiga kali sehari, sekali minum satu sendok makan.

3. Mengobati organ kewanitaan 
Daun sirih merah tua sebanyak 8 lembar dicuci bersih, kemudian diiris-iris selebar 1 cm. Rebus dengan air 800 ml sampai mendidih. Setelah dingin, dipakai untuk membersihkan organ kewanitaan dua kali sehari.

4. Mengobati radang mata 
Ambil daun sirih merah yang agak muda (daun kelima dari pucuk) sebanyak 4 lembar, cuci bersih. Rebus dengan air dua gelas hingga mendidih dan tersisa satu gelas. Setelah dingin, air tersebut digunakan untuk merendam mata yang sakit.

Cara pemakaian: Mata dibersihkan (cuci muka) kemudian direndam dengan air rebusan sirih merah secukupnya menggunakan gelas khusus. Gunakan tidak lebih dari tiga kali sehari agar tidak terjadi iritasi pada lapisan mata.

5. Mengobati sakit jantung
Ramuan tunggal: Ambil daun sirih berukuran sedang sebanyak 3-4 lembar atau ukuran kecil 6-8 lembar. Cuci bersih, kemudian diiris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak 4 gelas (800 ml) sampai mendidih dan tersisa 2 gelas, lalu saring. Ramuan ini diminum selagi hangat, dua kali sehari sebelum makan. Sekali minum satu gelas.

Ramuan dengan tanaman obat lain: Siapkan daun sirih merah ukuran sedang sebanyak 3-4 lembar, daun asam 30 gram, belimbing sayur 2 buah, umbi dea kering 3 gram dan daun gingseng 4 lembar. Semua bahan dicuci bersih, diiris kecil-kecil, lalu direbus dengan tiga gelas air (600 ml) hingga tersisa 1,5 gelas. Ramuan ini diminum tiga kali sehari selagi hangat. Bisa ditambah satu sendok teh madu. Sekali minum setengah gelas.

6. Mengobati diabetes
Ramuan tunggal: Petik tiga lembar daun sirih merah setengah tua dan daun keenam atau ketujuh dari pucuk. Cuci bersih semua daun, kemudian iris kecil-kecil. Rebus dengan air sebanyak tiga gelas (600 ml) sampai mendidih dan tersisa 1,5 gelas. Minum sehari tiga kali sebelum makan, sekali minum setengah gelas.

Ramuan dengan tanaman obat lain: Ambil tiga lembar sirih merah ukuran sedang, 40 gram kulit kayu gayam yang sudah dibersihkan bagian luarnya, dan 30 gram kulit kayu jamblang kering. Bahan-bahan ini diseduh dengan 2 gelas (400 ml) air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Saring, minum sehari dua kali tiap pagi dan sore hari sebelum makan. Sekali minum setengah gelas.

Perlu di ingat bahwa beberapa resep manfaat daun sirih merah diatas tidaklah menjamin penyakit yang kita derita akan sembuh, silahkan digunakan sebegai referensi dan apabila penyakit tidak kunjung sembuh sebaiknya segera berobat ke dokter pakar.


Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment