Prinsip Kerja Transistor


Advertisement


Kali ini kita akan mencoba membahas tentang prinsip kerja transistor, dimana jenis jenis transistor sendiri ada dua macam yaitu transistor FET dan transistor BJT.

Yang pertama yaitu cara kerja transistor BJT, BJT sendiri adalah singkatan dari bipolar junction transistor, atau transistor bipolar. Disebut transistor bipolar karena pada transistor jenis ini memiliki dua buah polaritas pembawa muatan pada kanal konduksinya. Arus utama yang mengalir pada transistor BJT ini harus melewati suatu lapisan yang dinamakan depletion zone, dimana ketebalan dari lapisan ini dapat diatur sehingga arus listrik yang melewatinya juga dapat disesuaikan.

Sedangkan tipe transistor yang kedua yaitu transistor FET, atau kepanjangannya field effect transistor. Transistor FET juga biasa disebut dengan transistor unipolar. Pada transistor FET hanya menggunakan satu jenis elektron atau hole sebagai pembawa muatan. Arus listrik utama yang mengalir pada transistor FET ini melewati satu kanal sempit dengan dua depletion zone di kedua sisinya.


Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

nico said...

seep ddah nie wep

Post a Comment