Memperbaiki Speaker Aktif/ Cara Service Speaker Aktif


Advertisement


Cara Service Speaker Aktif Mati - Lama tidak menulis tentang elektronika, kebetulan tadi baru saja memperbaiki speaker aktif rusak, terbakar di bagian power supply. Karena bagian power supply pada speaker aktif langsung terhubung dengan bagian power amplifier, tadinya saya curiga kalau bagian power amplifier juga ikut terbakar. Terutama transistor power TIPnya pada mati.

Tapi setelah saya teliti ternyata yang menyebabkan 4 buah dioda power supply mati dan kabel dari trafo ke power supply terbakar adalah hubungan pendek antara body elco power yang mengelupas dan menyentuh heatshink. 

Dan pada bagian-bagian lain saya ukur satu persatu tidak ada yang mati, maka saya cuma mengganti 4 buah dioda 5 Ampere dan menyambung kembali kabel yang menuju ke trafo. Setelah semua siap, speaker aktif dinyalakan dan di test, ternyata mak nyuss.., semua sudah OK.

Begitulah kira-kira cara service speaker aktif suara tidak keluar atau speaker aktif mati. Artikel lainnya yang membahas tentang speaker aktif dapat dilihat pada tulisan: Penyebab Kerusakan Digital Speaker Aktif Mati.


Advertisement

{ 11 Comments... read them below or add one }

datox said...

ajari reparasi kompie mas dwi.ni mau berguru sama sampean mas. :)

Anonymous said...

mas numpang tanya kalo speaker simbadda gak keluar suaranya gimana ya.? power hidup, jack dkk nya sdh di cek tapi tetap gak keluar suaranya.

Anonymous said...

mas kalo spkr aktif ada suara'a ky di dlem air knpa mas..n sember..mhon bntuan'a..
speaker simbada cst 5000.

Dwi said...

@ Anonymous: speaker simbada kebanyakan rusak rusak bagian power amplifiernya sih mas,

Anonymous said...

mas, saya punya speaker aktif logitech x-530, itu input tegangannya kan 110v, saya masukin ke tegangan 220v, trus speakernya langsung mati, kira2 itu bagian yang mana yang rusak mas??? mohon bantuannya...terima kasih.

Dwi said...

@ Anonymous: besar itu yg rusak bagian power supply mas, kalau speaker aktif model sekarang biasanya sudah menggunakan sistem ACmatic.

Silahkan dibuka dan diperiksa, kebanyakan hanya fuse/ sekringnya yg putus, sama ganti elco 250volt menjadi 400volt.

Setelah diganti komponen tsb, sudah bisa dipakai lagi pada tegangan 220volt

Anonymous said...

mas,saya punya speaker biasa yg ada 2 buah.. 1 speakernya bunyi, tapi 1nya lagi gak bunyi.. saya cek kabelnya,tidak ada masalah..
saat volume 0, malah terdengar suaranya,tapi keciiiilll sekali...
apa yang perlu diperbaiki ya mas?
untuk masuk ke area dalam speaker apakah boleh dibuka?

Dwi said...

@ Anonymous: Sepertinya itu memang rusak bagian dalam mas. silahkan dibuka, kalau paham tentang elektronik, bisa di cek bagian potensio (volume) kemungkinan sudah rusak.

Atau di cek juga mulai dari soket input sampai dengan bagian ampli-nya. Mungkin ada yang renggang/ tidak nyambung.

Koko abdul ghoni said...

mas klu volume yang keluar kecil padahal volume dah ful tapi tetep aja kecil suara yang keluar, kira kira yang rusak apa ya mhon bantuanya dok oprek

rial syam said...

mas ajarin donk.kalau speaker simbada bisa nyala.tetapi tidak bisa mengeluarkan suara.itu apanya yang bermasalah

Maher Muhsin said...

Mas...speaker saya mati kblnya bnyak yg putus..trys dah aku sambung dan aku dah ganti transistornya tp ttp mati ga ada suara...hanya dengung kecil gmana mas

Post a Comment