Bagaimana Cara Mengatasi Laptop Hang?


Advertisement


Bagaimana cara mengatasi laptop hang? Mungkin kalian pernah mengalami, saat tengah serius bekerja dengan laptop kesayangan atau lagi asik menjelajah internet mendadak laptop ngadat atau hang. Memang penggunaan yang terlalu lama dan panasnya suhu didalam laptop dapat mempengaruhi kinerja processor sehingga mengakibatkan laptop atau notebook menjadi lemot bahkan hang.

Sebab-sebab laptop hang adalah karena lemahnya kinerja dari hardware seperti harddisk, ram, dan processor, tergantung spesifikasi laptopnya sendiri sebenarnya. Jika dirasa perlu, lakukan upgrade ram agar proses pengolahan data semakin cepat. Hindari mengakses banyak halaman web dalam waktu yang bersamaan agar kerja hardware tetap stabil.

Ventilasi dari fan processor juga perlu diperhatikan, sebaiknya jangan membiasakan menggunakan laptop sambil tiduran diranjang atau pada alas yang dapat menutup saluran ventilasi fan processor. Dalam jangka panjang, hal ini dapat beresiko memperpendek usia laptop.

Secara rutin lakukan update anti virus dan anti spyware agar terhindar dari masuknya virus berbahaya yang mungkin dapat menyerang ketika sedang melayari internet. Hal-hal lain seperti membersihkan recycle bin dan menghapus program yang tidak terpakai juga penting untuk menjaga kondisi laptop tetap prima.

Kurang lebih itu tadi sedikit tips mengatasi laptop hang, salam hangat dari DWI JO di Gunungkidul Handayani

Advertisement

{ 2 Comments... read them below or add one }

Tatar_adi said...

Maksih sob atas infonya..
tulisan ini sangat membantu pemula seperti saya,

barcaholics said...

2 minggu terakhir ini laptop saya telah 2 kali mengalami hang, Setelah saya baca artikel di atas sepertinya karena terlalu lama pemakaiannya hingga terlalu panas.. :(

Thank's infonya..

Post a Comment