Trafo Inverator | Inverator Televisi


Advertisement


Mungkin Anda pernah mengalami masalah listrik di rumah tiba-tiba mati saat menyalakan TV? Hal itu di sebabkan daya dari TV saat mulai menyala (starting) cukup tinggi, sehingga kadang membuat listrik di rumah turun karena tidak seimbang dengan daya dari listrik PLN.

Sebenarnya bukan hanya televisi saja yang dapat menyebabkan listrik turun karena kelebihan beban listrik, peralatan lain seperti motor listrik, gergaji listrik, dll juga dapat menyebabkan listrik turun karena daya (watt) yang di perlukan untk menyalakan peralatan-peralatan tersebut cukup besar.

Untuk mengatasi lonjakan daya yang menyebabkan listrik turun, maka contohnya pada pesawat TV harus di tambahkan peralatan sebagai penahan dayanya. Perangkat tersebut biasa di sebut inverator atau trafo starting. Komponen dari trafo inverator televisi cukup sederhana yaitu cuma gulungan kawat tembaga beremail yang memiliki diameter dan jumlah lilitan tertentu sesuai dengan kebutuan dalam pemakaian.

Dari banyaknya jumlah gulungan dan diameter kawat maka pemakaian inverator tidak sama antara inverator TV, motor listrik, dan peralatan lain. Khusus untuk inverator TV, kalau membeli di pasaran harganya cukup terjangkau sekitar 20 ribu. Kalau mau membuat sendiri juga bisa, sebenarnya beberapa resistor dengan nilai hambatan rendah kalau di paralel juga dapat di jadikan inverator televisi, tapi untuk menjamin keamanan lebih baik menggunakan gulungan kawat tembaga.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment