Regulator 12v Dengan Arus Besar


Advertisement


Untuk keperluan tertentu, kadang kita membutuhkan regulator 12v dengan arus besar, seperti untuk menge-charge accu atau untuk power supply pemancar radio FM. Dalam membuat power supply selain tegangan harus stabil, ada hal lain yang juga tidak kalah penting yaitu besarnya arus keluaran dari power supply atau regulator tersebut. Hal ini penting agar regulator yang di buat dapat sesuai dengan kebutuhan arus dari rangkaian yang akan di supply.

Sebenarnya terdapat banyak jenis rangkaian regulator 12v dengan arus besar yang dapat di buat. Tapi di sini kita akan membahas tentang rangkaian power supply 12 volt dengan besar arus dapat di sesuaikan dan skema rangkaian yang cukup simple.

Selengkapnya silahkan lihat skema regulator 12v dengan arus besar di bawah ini. Kalau kurang jelas klik saja pada gambar.


Dari rangkaian regulator 12 volt di atas cukup sederhana bukan? Komponen utamanya hanya IC 7812 dan transistor power TIP 2955. Transistor TIP 2955 bisa juga di ganti dengan MJ 2955, jangan lupa di pasang pendingin/ heatshink ya. Arus keluaran dari power suppy tersebut adalah 35A, tapi besarnya arus dapat di turunkan dengan mengurangi jumlah transistor power TIP 2955. Silahkan di sesuaikan dengan keperluan.

Advertisement

{ 0 Comments... read them below or add one }

Post a Comment