Perbedaan Monitor CRT Dan Monitor LCD


Advertisement
Perbedaan Monitor CRT Dan Monitor LCD. Monitor CRT adalah monitor yang menggunakan CRT (Catode Ray Tube) sebagai media untuk menampilkan gambar pada layarnya. Semua rangkaian dan komponen lain di sesuaikan dengan karakteristik CRT. Pada tiap-tiap komponen dari monitor CRT memiliki daya lebih besar, seperti penguat horizontal, FBT, power supply yang di gunakan juga menggunakan tegangan tinggi.

Tidak seperti pada monitor CRT, pada LCD monitor teknologi yang di gunakan untuk membuatnya sudah jauh lebih canggih. Screen layar untuk menampilkan gambar juga bukan lagi berupa tampilan analog, tapi menggunakan sistem digital dan teknologi LCD (Liquid Crystal Display). Selengkapnya mengenai monitor LCD bisa membaca: Pengertian monitor LCD.

Dari perbedaan teknologi yang di gunakan dan material yang di pakai, maka antara monitor CRT dengan monitor LCD memiliki kualitas hasil pengolahan gambar yang berbeda. Dengan kata lain, gambar yang di tampilkan pada layar akan tidak sama baik dari segi kecerahan gambar, ketajaman gambar, dan warnanya.

Pada monitor CRT gambar cenderung lebih cerah dan memiliki kontras gambar yang tinggi. Pixel gambar juga terlihat kasar dan masih tidak mendukung tampilan wide screen. Sedangkan pad monitor LCD tampilan gambar lebih halus dan bersahabat dengan mata. Opsi pengaturan gambarnya juga serba otomatis, dan resiko menyebabkan mata lelah juga lebih rendah.

Advertisement

{ 1 Comments... read them below or add one }

djiesoft team said...

thanks for this

Post a Comment