Pentingnya Pendidikan Karakter Bagi Mahasiswa

Artikel pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa ini sebenarnya masih melengkapi tugas yang kemarin, setelah kemarin membuat opini tentang saran dan masukan untuk FIP UNY, sekarang giliran mencari artikel tentang pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa. Pendidikan karakter sebenarnya sangat mendasar, bukan hanya mahasiswa saja yang harus menerima pendidikan karakter, di rumah, di sekolah dasar, dan di lingkungan di mana kita tinggal tanpa sadar kita sudah menerima pendidikan yang pada nantinya dapat membentuk karakter pada diri kita.

Lalu apa sebenarnya karakter itu? Karakter adalah sifat yang di bawa oleh tiap individu, yang setiap orang memiliki karakter masing-masing. Pengertian karakter lebih mengarah pada moral dan budi pekerti seseorang, tentunya yang bersifat positf.

Jadi bagi mahasiswa, sangat penting untuk mendapatkan pendidikan karakter, hal ini bertujuan untuk memperkuat akhlak dan sifat terpuji bagi peserta didik (dalam hal ini mahasiswa). Karena kepandaian di bidang pendidikan saja belum cukup tanpa bekal moral dan karakter yang kuat. Agar saat mahasiswa terjun di masyarakat nanti tidak terjadi penyalahgunaan ilmu yang di pelajari selama sekolah.

Seperti kita lihat sekarang ini, dimana orang-orang pandai malah menyalahgunakan kepandaiannya untuk melakukan tindak pidana seperti korupsi atau menjadi teroris. Kalau saja mereka memiliki karakter dan budi pekerti yang kuat, tentu hal itu tidak akan terjadi. Jadi untuk alasan kebaikanlah maka perlu di tekankan pentingnya pendidikan karakter bagi mahasiswa.

Oh ya, kalau mau mencari tugas tentang contoh naskah pidato bahasa Jepang bisa membaca di sini: contoh naskah pidato bahasa Jepang. Jangan lupa baca juga apa saja kendala dalam pendidikan bahasa Indonesia bagi mahasiswa.

4 comments:

  1. hmm, jadiii, kayak pelajaran budi pekerti di sekolah lah yaaa

    ReplyDelete
  2. Memang sudah semestinya bangsa ini kembali pada nilai-nilai luhur ketimuran. meskipun mendiknas telah mensosialisasikan pentingnya pendidikan karakter bagi anak bangsa, tentunya sangat penting untuk merumuskan pola dan kurikulum yg baik dan tepat sasaran, agar semuanya terimplikasi dengan baik,thank!

    ReplyDelete
  3. memang sudah waktunya, moral dan budi pekerti bangsa ini diperbaiki secara mendasar!!

    ReplyDelete